BI: Suku Bunga Kredit Baru Masih Bisa Turun 200 bps

BI: Suku Bunga Kredit Baru Masih Bisa Turun 200 bps

BI: Suku Bunga Kredit Baru Masih Bisa Turun 200 bps
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta– Asisten Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung menilai,  ruang penurunan suku bunga kredit baru di perbankan masih terbuka lebar hingga 200 basis poin (bps).

Juda menyebut, BI terus melakukan asesmen transmisi suku bunga kebijakan pada Februari 2021, dimana suku bunga dasar kredit (SBDK) perbankan sudah mulai mengalami penurunan.

“Kami lihat ruangnya masih cukup besar, suku bunga kredit baru saat ini 9,17%, sebenarnya masih bisa turun 200 basis poin, bisa lebih rendah dari sekarang dan bisa turun ke arah 7%,” jelas Juda melalui video conference di Jakarta, Jumat 2 Juli 2021.

Juda menjelaskan, suku bunga kredit baru kini berada pada level 9,17% atau telah menurun dari level 10,14% pada tahun lalu. Namun demikian, Juda menyebut penurunan suku bunga untuk kredit baru belum secepat penurunan SBDK dikarenakan premi risiko penyaluran kredit masih tinggi.

Sebagai informasi saja, berdasarkan data BI
penurunan Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) perbankan masih terus berlanjut yaitu menurun sebesar 177 bps sejak April 2020 menjadi 8,87% pada April 2021. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]