Moneter dan Fiskal

BI Sosialisasikan LCS RI Tiongkok Pada Pengusaha

Jakarta – Bank Indonesia (BI) akan segera melakukan sosialisasi implementasi Local Currency Settlement (LCS) RI dan Tiongkok kepada para pengusaha. Acara ini berbentuk webinar dan digelar oleh LIT yang bekerja sama dengan Bank of China, APINDO, serta didukung oleh KBRI Beijing & Bank Indonesia KP Beijing.

Seperti dikutip dalam keterangan yg diterima Infobank, Selasa, 16 November 2021 menyebutkan, webinar ini terbuka bagi Pengusaha Indonesia, Pengusaha Tiongkok di Indonesia, termasuk Para Pengusaha dan Calon Investor di Tiongkok, Hongkong dan Macao, serta Para Pengusaha di negara ASEAN.

Sosialisasi ini juga dilatarbelakangi dengan meningkatnya hubungan perdagangan Tiongkok Indonesia disertai peningkatan investasi pengusaha Tiongkok di Indonesia. Hal ini tentunya akan meningkatkan transaksi mata uang CNY dan IDR.

Adapun ruang lingkup pemaparan akan berkisar pada Dasar Regulasi Penerapan LCS, Teknis Pelaksaan dalam praktek dan Keterkaitannya dalam bidang perhitungan dagang, perpajakan dan lain-lain.

Sejak akhir September lalu, BI dan People’s Bank of China (PBC) secara resmi memulai implementasi kerja sama penyelesaian transaksi bilateral dengan mata uang lokal (LCS) antara Indonesia dan Tiongkok. Kerangka kerja sama dimaksud meliputi, antara lain, penggunaan kuotasi nilai tukar secara langsung (direct quotation) dan relaksasi regulasi tertentu dalam transaksi valuta asing antara mata uang Rupiah dan Yuan.

Implementasi kerja sama ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan BI untuk mendorong penggunaan mata uang lokal yang lebih luas dalam penyelesaian transaksi perdagangan dan investasi langsung dengan berbagai negara mitra. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Evan Yulian

Recent Posts

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

10 hours ago

Lewat Cara Ini, Bank Sampoerna Perkuat Literasi Keuangan Gen Z

Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggelar event literasi keuangan bertajuk “Sampoerna High… Read More

12 hours ago

32.055 Tiket Maroon 5 Live in Jakarta Ludes Terjual di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Official Banking Partner konser Maroon 5 di Jakarta, Bank Mandiri berhasil melayani penjualan… Read More

12 hours ago

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

2 days ago

CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan pertumbuhan total jumlah nasabah sebesar… Read More

2 days ago

CIMB Niaga Apresiasi Nasabah dengan XTRA XPO 2024

Pengunjung tengah memadati acara CIMB Niaga XTRA XPO, yg digelar di Jakarta. Direktur Consumer Banking… Read More

2 days ago