BI Siapkan Rp175,26 Triliun Untuk Penuhi Kebutuhan Uang Tunai

BI Siapkan Rp175,26 Triliun Untuk Penuhi Kebutuhan Uang Tunai

BI Siapkan Rp175,26 Triliun Untuk Penuhi Kebutuhan Uang Tunai
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Indonesia (BI) terus berupaya melakukan pemenuhan terhadap kebutuhan uang tunai dan Uang Pecahan Kecil (UPK) pada periode Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2022. Salah satunya adalah dengan menyiapkan uang tunai senilai Rp175,26 triliun yang akan di sebar ke seluruh wilayah Indonesia

“Pertama, mempersiapkan uang tunai layak edar sebesar Rp175,26 Triliun atau naik 13,42% dibandingkan tahun lalu, seiring dengan perkembangan ekonomi yang membaik” jelas Aida S. Budiman pada sambutannya, Senin, 4 April 2022.

Ia menjelaskan, tahun ini BI juga bekerja sama dengan perbankan untuk memperluas cakupan layanan penukaran Rupiah. Tercatat ada 5013 titik penukaran yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menarik uang tunai dan UPK. 453 titik diantaranya berada di Jabodebek dan 4.560 lainnya berada di luar wilayah Jabodebek yang tersedia dari 4 April hingga 29 April 2022.

Kali ini, BI juga meresmikan aplikasi digital PINTAR dan layanan “Kas Keliling Retail BI”. Masyarakat dapat melakukan penukaran Rupiah melalui bis kas keliling yang tersebar di berbagai titik penukaran Rupiah. Pemesanan bisa dilakukan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR yang juga tersedia secara digital. Selain lebih mudah, layanan ini juga cepat, terjadwal, dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain perbankan, BI juga bekerja sama dengan TNI-AL untuk menggelar Program Ekspedisi Rupiah Berdaulat. Program ini juga akan semakin memperluas layanan kas keliling di daerah 3T (Terluar, Terdepan, dan Terpencil) di 81 Pulau dan 16 Provinsi Indonesia.

Sebagai informasi, layanan “Kas Keliling Ritel BI” bukanlah hal baru. Kas keliling ini kembali hadir setelah dua tahun vakum akibat Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang layak edar dengan tetap mempertimbangkan aspek kesehatan dan menghindari terjadinya kerumunan. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]