Moneter dan Fiskal

BI Siap Samakan Asumsi Kurs Rupiah dengan Pemerintah

Jakarta–Menteri Keuangan Sri Mulyani berencana mengubah asumsi nilai tukar Rupiah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016, menjadi kisaran Rp13.300 per US$ dari sebelumnya Rp13.500 per US$.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo mengatakan, bahwa rencana pemerintah (Kementerian Keuangan) untuk mengubah asumsi kurs Rupiah dalam APBN-P menjadi Rp13.300 per US$, masih masuk dalam range BI yang sebelumnya diajukan ke DPR-RI.

“Nanti akan kami bicarakan kalo sebelumnya Rp13.500, diubah ke Rp13.300, itu masih dalam range yang saat itu kami tawarkan pada pemerintah dan DPR-RI,” ujar Agus di Jakarta, Jumat , Agustus 2016.

Lebih lanjut dia menegaskan, bahwa pihaknya akan sejalan dengan apa yang menjadi pertimbangan pemerintah terkait perubahan asumsi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS yang dipatok pada level Rp13.300 per US$ dari sebelumnya Rp13.500 per US$.

“Jadi saya dalam hal ini, dalam pembahasan dengan DPR kami tentu akan samakan pandangan. Secara umum di APBN-P 2016 Rp13.300 itu adalah sesuatu yang bisa kami terima,” ucapnya.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, meski asumsi nilai tukar Rupiah akan diubah, namun beberapa indikator asumsi makro ekonomi lainnya akan tetap pada angka yang sebelumnya sudah disepakati bersama DPR-RI.

Untuk pertumbuhan ekonomi nasional tetap di angka 5,2%, laju inflasi berada di level 4%. Kemudian tingkat bunga Surat Perbendaharaan Negara (SBN) tiga bulan tetap di level 5,5%. Sementara harga minyak mentah US$40 per barel, lifting minyak bumi 820 ribu barel (per hari/bph), dan lifting minyak gas dan bumi 1.150 per barel. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Ramai Fenomena Makan Tabungan, Permata Bank Santai Transaksi Nasabahnya Aman

Jakarta – Fenomena ‘makan tabungan’ alias mantab masih membayangi warga kelas menengah di Tanah Air.… Read More

2 hours ago

Meski Mirip, Ini Perbedaan Produk Investasi ETF dan Reksa Dana

Jakarta - Dalam dunia investasi terdapat beberapa pilihan instrumen yang dapat dipilih oleh para investor… Read More

5 hours ago

Gandeng UGM, KemenkopUKM Dampingi UMKM Naik Kelas

Jakarta- Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) berkolaborasi dengan Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan pendampingan usaha… Read More

5 hours ago

Ketua Umum AAUI Beberkan Penyebab Rendahnya Penetrasi Asuransi

Bali - Industri asuransi di Indonesia secara konsisten menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun. Di… Read More

5 hours ago

Kelolaan Aset Wealth Management BRI Capai Rp239,6 Triliun per Agustus 2024

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui bisnis Wealth Management berhasil membukukan aset yang dikelola… Read More

5 hours ago

Lanjut Melemah, IHSG Ditutup Turun ke Level 7.480

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (10/10) kembali ditutup merosot ke… Read More

5 hours ago