BI Siap Dukung Peningkatan Kapasitas Perekonomian

BI Siap Dukung Peningkatan Kapasitas Perekonomian

Jakarta–Dana Moneter Internasional atau IMF menilai perekonomian Indonesia saat ini dalam kondisi yang lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dalam menghadapi lingkungan eksternal yang diliputi ketidakpastiaan. Atas pencapaian yang terlihat dari perekonomian 2016, IMF menyematkan outlook positif untuk perekonomian Indonesia dengan catatan kapasitas perekonomian harus ditingkatkan.

Demikian pandangan para Direktur Eksekutif IMF pada pertemuan Dewan Direktur (Executive Board) IMF di Washington D.C. pada 25 Januari 2017. Bauran kebijakan makroekonomi yang diiringi dengan reformasi struktural dinilai IMF telah membantu Indonesia dalam menghadapi beberapa tantangan, seperti siklus turunnya harga komoditas dunia, lambatnya pertumbuhan global, serta beberapa episode gejolak keuangan yang berpengaruh kepada negara berkembang.

Dengan outlook makroekonomi yang positif, para Direktur Eksekutif IMF mendorong otoritas untuk melanjutkan penguatan kerangka kebijakan jangka menengah melalui reformasi fiskal dan struktural, untuk mendorong pertumbuhan dan menjaga kestabilan makroekonomi.

Baca juga: Prospek Ekonomi Indonesia Masih Menjanjikan

“Bank Indonesia menyambut baik hasil asesmen Dana Moneter Internasional (IMF) terhadap perekonomian Indonesia di tahun 2016, yang menilai bahwa Indonesia telah berhasil menjaga stabilitas makroekonomi dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal,” tukas Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo di Jakarta, kemarin.

Selanjutnya, Gubernur bank sentral menyampaikan komitmen BI untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, dengan tetap mengoptimalkan pemulihan ekonomi domestik di tengah ketidakpastian pasar keuangan global. “Bank Indonesia juga mendukung program reformasi struktural yang dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan kapasitas perekonomian menuju pertumbuhan yang inklusif,” tandas Agus. (*)

Baca juga: Pemerintah Dorong Investasi Jadi Motor Baru Perekonomian

Related Posts

News Update

Top News