News Update

BI: Sepanjang 2019 Rupiah Terapresiasi 2,68%

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menilai, nilai tukar rupiah sepanjang tahun 2019 masih stabil dan cenderung menguat. Perry menambahkan pada akhir 2019 rupiah sempat ditutup menguat pada Rp13.880/US$.

“Nilai tukar rupiah sepanjang tahun 2019 mengalami apresiasi yang cukup besar kurang lebih 2,68 persen,” kata Perry di Jakarta, Jumat, 3 Januari 2020.

Bahkan Perry juga menyebut, bahwa kurs rupiah merupakan salah satu mata uang yang terbaik di Asia di sepanjang tahun 2019. Ke depannya, dirinya berharap nilai tukar rupiah dapat terus menguat.

“Rupiah itu (sepanjang 2019) mengalami apresiasi dan merupakan nilai tukar yang terbaik kalau di Asia, di bawah Thailand, tapi hampir sama dengan Filipina,” jelas dia.

Perry mengatakan, aliran modal asing yang masuk ke Indonesia sepanjang 2019 juga ikut mendorong stabilitas nilai tukar rupiah. Pada 31 Desember 2019, kata dia, aliran modal asing yang masuk sebesar Rp 224,2 triliun.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (3/1) kurs rupiah berada pada posisi Rp13.899/ US$ terlihat melemah dari posisi Rp13.895/US$ pada perdagangan kemarin (2/1). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

6 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

6 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

6 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

9 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

10 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

11 hours ago