Moneter dan Fiskal

BI Sebut 5 Gejolak Global yang Bakal Pengaruhi Ekonomi RI, Ini Tanggapan Bos OJK

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menanggapi pernyataan dari Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo terkait 5 gejolak global yang akan memengaruhi perekonomian di Tanah Air pada 2024-2025 mendatang.

Adapun 5 gejolak tersebut, yakni perlambatan ekonomi global, penurunan inflasi yang lambat, tren suku bunga global higher for longer, dolar Amerika Serikat (AS) yang kuat, dan cash is the king.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar mengatakan pihaknya akan terus memantau risiko-risiko yang akan ditimbulkan dari 5 gejolak global tersebut. Termasuk, berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi global yang juga dapat berimbas pada ekonomi nasional.

Baca juga: Bos BI Optimis Ekonomi RI di 2028 Capai 6 Persen

“Berdasarkan assessment kami, 5 gejolak tadi merupakan faktor yang terus kami pantau risiko ke bawahnya atau down side risk, karena kami juga merasa bahwa hal-hal tadi merupakan perkembangan yang dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi global dan pada gilirannya risiko kepada pertumbuhan nasional kita,” ujar Mahendra dalam Konferensi Pers RDK, Senin 4 Desember 2023.

Sehingga, lanjut Mahendra, OJK menilai bahwa kondisi sektor jasa keuangan domestik akan terjaga stabil, didukung dengan permodalan yang solid dan tingkat modalitas yang baik dalam menghadapi berbagai risiko ketidakpstian di masa mendatang.

“Kami optimis bahwa sektor jasa keuangan kita mampu menyerap risiko tadi terkait guncangan-guncangan yang ada di tingkat global,” tegasnya.

Mahendra mencontohkan, kesiapan dari CAR (Capital Adequacy Ratio) industri perbankan yang tinggi dibandingkan dengan negara-negara lainnya, yakni di level 27,48 persen di Oktober 2023. Terlebih, mengingat krisis perbankan di AS dan Swiss pada awal 2023, memperlihatkan sektor perbankan Indonesia mampu memiliki daya tahan yang tinggi.

“CAR kita pada saat ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara lainnya yang sebagian besar tidak mencapai 20 persen, sedangkan Indonesia CAR di Oktober 2023 sebesar 27,48 persen, itu jelas menunjang solidnya sektor jasa keuangan nasional terutama di perbankan,” paparnya.

Baca juga: Bos BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI jadi Segini di 2024 dan 2025  

Meski demikian, OJK tetap menjalankan strategi untuk memitigasi risiko yang mengutamakan stabilitas sektor jasa keuangan serta memberikan kontribusi optimal terhadap pertumbuhan ekonomi. Antara lain, melakukan stress test untuk mengetahui tingkat ketahanan permodalan maupun likuiditas, penguatan tata kelola dan manajemen risiko dan melakukan penataan sektor jasa keuangan melalui penerbitan roadmap.

“Secara khsusus OJK juga aktif mendorong pertumbuhan kredit perbankan dan meningkatkan inklusi keuangan, OJK melakukan imbauan kepada bank meningkatkan peran kreditnya dengan melakukan inovasi dan perbaikan berkelanjutan,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

4 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

5 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

18 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

19 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

19 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

19 hours ago