Perbankan

BI Rate Naik, Bank Danamon Pede Kredit Bisa Tumbuh Double Digit

Jakarta – Bank Indonesia (BI) telah menaikan suku bunga acuannya pada 23-24 April 2024 ke level 6,25 persen, yang sebelumnya tertahan pada level 6 persen. Ini dilakukan sebagai upaya menahan nilai tukar rupiah agar tidak semakin melemah terhadap dolar Amerika Serikat di tengah kondisi geopolitik yang semakin memanas.

Di era suku bunga tinggi ini, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi industri perbankan. Terutama dalam menjaga pertumbuhan kredit.

Consumer Funding and Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN), Ivan Jaya, mengatakan bahwa pihaknya tetap optimistis dapat mempertahankan tingkat pertumbuhan kredit doubel digit.

“Saat ini belum (revisi target kredit), untuk pertumbuhan kredit secara bank secara overall double digit low jadi antara 10-15 persen,” ucap Ivan kepada media di Jakarta, 8 Mei 2024.

Baca juga: BI Rate Naik, BTN Revisi Target Pertumbuhan Kredit ke Level 11 Persen

Menurutnya, pertumbuhan kredit tersebut akan ditopang dari sejumlah sektor. Salah satunya kredit consumer yang ditargetkan bisa tumbuh lebih dari 20 persen di tahun ini. Kredit consumer tersebut terdiri dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan kredit pembiayaan kendaraan, seperti mobil dan motor.

“Kalau untuk consumer, KPR. Kemudian consumer untuk pembiayaan motor, mobil dari Adira Finance, kalau untuk angka saya rasa pertumbuhan double digit dari tahun lalu, target kredit consumer sama seperti yang tadi tahun lalu pertumbuhan untuk kredit konsumer terutama yang dari Adira Finance lebih dari 20 persen yoy,” imbuhnya.

Di era suku bunga tinggi, Bank Danamon juga berusaha menjaga kualitas kredit. Ivan mengatakan, saat ini rasio non-performing loan (NPL) berada pada level di bawah 3 persen, jauh di bawah threshold yang ditentukan regulator, yakni maksimal 5 persen.

Oleh karena itu, Bank Danamon akan lebih selektif dalam memberikan kredit untuk menjaga rasio NPL tetap terkendali, dengan mengedepankan manajemen risiko yang baik.

Baca juga: Bank Danamon Cetak Laba Bersih Rp831 Miliar di Kuartal I 2024

“Untuk pemberian kredit tentunya dilakukan sesuai risk appetite bank, ada risk exestence kriterianya, ada kriterianya yang kami lakukan, dan risk management yang dilakukan, jadi kami beroperasi dengan normal saja,” ujar Ivan.

Pada kuartal I 2024, Bank Danamon berhasil menyalurkan kredit dan trade finance mencapai Rp179,7 triliun, atau meningkat sebesar 18 persen secara tahunan atau year on year. Raihan ini didorong oleh pertumbuhan dari seluruh segmen bisnis. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

2 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

2 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

9 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

10 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

23 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

24 hours ago