News Update

BI: PSBB Total, Bakal Dongkrak Transaksi Uang Elektronik

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimis ditengah pandemi covid-19 akselerasi digitalisasi sistem pembayaran di perbankan akan semakin tumbuh pesat. Terlebih Pemprov DKI Jakarta bakal menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total pada 14 September 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Perry dalam webinar AFTECH Annual Report. Menurutnya, di era digitalisasi saat ini masyarakat membutuhkan layanan digital yang cepat dan aman.

“Digital payment sistem kita siap untuk berakselerasi ditengah Pandemi, terutama bagi milenial yang memakai sistem pembayaran dalam sehari-hari,” kata Perry melalui video conference di Jakarta, Kamis 10 September 2020.

Perry juga mengungkapkan, bahwa saat ini transaksi uang elektronik tercatat tumbuh signifikan ditengah melambatnya transaksi konvensional di masyarakat. Dimana untuk transaksi elektronik, kata Perry, pertumbuhannya bisa mencapai 44%.

“Transaksi masih tumbuh cepat, dimana untuk Non elektronik money hanya tumbuh 6% hingga 7%. Sementara elektronik money tumbuh 43% hingga 44% ini kita lihat digital paymen siap untuk progres kedepan,” jelas Perry.

Sebagai informasi saja, BI sebelumnya juga mencatat Posisi Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) pada Juli 2020 tumbuh meningkat dari 2,34% (yoy) pada Juni 2020 menjadi 6,17% (yoy) sehingga mencapai Rp762,8 triliun, seiring dengan mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat di masa pandemi.

Sementara itu, pertumbuhan nilai transaksi nontunai menggunakan ATM, Kartu Debit, Kartu Kredit, dan Uang Elektronik (UE) masih tercatat kontraksi 12,80% (yoy), meskipun membaik dari pertumbuhan pada Mei 2020 yang terkontraksi 24,46% (yoy). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

7 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

7 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

14 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

15 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago