News Update

BI Proyeksikan Penyaluran Kredit Baru Triwulan II 2021 Tumbuh Positif

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kedit baru pada Triwulan II 2021 bakal tumbuh positif. Proyeksi tersebut diperoleh dari Hasil Survei Perbankan Bank Indonesia yang dilakukan pada Juni 2021.

Nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT)[1] permintaan kredit baru tercatat mencapai 53,9%. Berdasarkan jenis penggunaan, pertumbuhan kredit baru terindikasi terjadi pada seluruh jenis kredit. Adapun pertumbuhan tertinggi terdapat pada kredit modal kerja dengan SBT 45,0%, diikuti oleh kredit konsumsi dan kredit investasi dengan SBT masing-masing sebesar 31,3% dan 13,3%.

Sementara itu, penyaluran kredit baru diperkirakan meningkat pada triwulan III 2021. Peningkatan ini tercermin dari SBT prakiraan penyaluran kredit baru yang mencapai 87,1%, lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya. Adapun peningkatan tersebut akan didorong oleh kredit modal kerja, diikuti oleh kredit konsumsi dan kredit investasi.

“Standar penyaluran kredit pada triwulan III 2021 diperkirakan tidak seketat periode sebelumnya. Hal itu terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS)[2] sebesar 0,3%, lebih rendah dibandingkan dengan 1,2% pada triwulan sebelumnya,” jelas Kepala Departemen Komunikasi Direktur Eksekutif BI Erwin Haryono pada keterangannya, Senin, 19 Juli 2021.

Lebih jauh, hasil survei BI mengindikasikan responden tetap optimis terhadap pertumbuhan kredit di tahun 2021. Responden memperkirakan pertumbuhan kredit pada 2021 mencapai 6,3% secara tahunan. Optimisme tersebut antara lain didorong oleh kondisi moneter dan ekonomi, serta relatif terjaganya risiko penyaluran kredit. (*)

Editor: Rezkiana Np

Evan Yulian

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

13 hours ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

14 hours ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

14 hours ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

14 hours ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

14 hours ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

15 hours ago