Moneter dan Fiskal

BI Prediksikan Neraca Pembayaran Kuartal IV-2018 Surplus US$4 Miliar

Jakarta- Bank Indonesia (BI) memprediksi angka neraca pembayaran Indonesia hingga kuartal VI-2018 akan mengalami surplus sebesar US$ 4 miliar. Hal tersebut seiring dengan arus modal asing yang masuk.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo di Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Jakarta, Jumat 28 Desember 2018. Menurutnya, walau neraca pembayaran masih mampu surplus namun untuk defisit transaksi berjalan atau current account deficit masih berpotensi terjadi.

“Neraca pembayaran kuartal empat tahun ini akan mengalami surplus kurang lebih sekitar US$4 miliar, meskipun defisit CAD masih lebih tinggi dari 3 persen terhadap PDB,” kata Perry di Jakarta, Jumat 28 Desember 2018.

Tak hanya itu, dirinya menilai proyeksi neraca pembayaran surplus tersebut diharap semakin memperkuat rupiah yang mulai stabil dan cenderung semakin menguat hingga akhir tahun 2018.

“Arus modal asing dari bentuk PMA, investasi portofolio, maupun lainnya itu jauh lebih besar sehingga secara keseluruhan neraca pembayaran di kuartal-4 2018 kita perkirakan mengalami surplus dan itu akan membawa rupiah yang stabil dan menguat,” tambah Perry.

Asal tahu saja, neraca pembayaran Indonesia pada kuartal III 2018 masih mengalami defisit sebesar US$4,4 miliar. Angka tersebut terus melebar bila dibandingkan dengan kondisi neraca pembayaran di kuartal II 2018 yang tercatat defisit sebesar US$4,3 miliar, dan di kuartal I 2018 yang juga mengalami defisit hingga sebesar US$3,9 miliar.(*)

Suheriadi

Recent Posts

OJK Dorong Peningkatan Literasi Pasar Modal ke Anggota Polri

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan seluruh stakeholder pasar modal berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan… Read More

24 mins ago

Pinhome Buka Jalan di Pasar Properti IKN, Berikut Sasarannya

Jakarta - Ibu Kota Nusantara (IKN) kini menjadi salah satu pusat perhatian. Pembangunan yang terus… Read More

9 hours ago

Penurunan Suku Bunga Diprediksi Berdampak Positif bagi KPR

Jakarta - Tren penurunan suku bunga yang terjadi akhir-akhir ini disambut baik oleh berbagai kalangan,… Read More

9 hours ago

Moratorium Fintech Lending Belum Dibuka, Begini Tanggapan AFTECH

Jakarta - Sejak awal 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan moratorium atau penutupan perizinan untuk… Read More

9 hours ago

Istana Pastikan Jokowi Hadir di Acara Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta - Istana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai… Read More

12 hours ago

BTN Sabet Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu memegang piala Annual Report Award (ARA) 2023 yang diraih… Read More

12 hours ago