BI: Perbaikan Ekonomi Tak Secepat yang Diperkirakan

BI: Perbaikan Ekonomi Tak Secepat yang Diperkirakan

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menilai, perbaikan ekonomi RI mulai terjadi pada kuartal IV 2020. Namun menurutnya, perbaikan tersebut tak secepat yang diperkirakan bank sentral sebelumnya.

Seperti diketahui, selama kuartal IV 2020, pertumbuhan ekonomi RI masih terkontraksi minus 2,19% (yoy). Angka ini membaik dari kuartal III yang minus 3,49% (yoy) dan kuartal II minus 5,32% (yoy). Sedangkan sepanjang tahun lalu, pertumbuhan ekonomi minus 2,07% (yoy).

“Arahnya menunjukkan perbaikan, tapi tidak secepat yang kita perkirakan,” kata Perry saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Selasa 9 Febuari 2021.

Perry menegaskan, pemulihan ekonomi masih akan bergantung pada langkah-langkah penanganan Covid-19 mulai vaksinasi hingga disiplin protokol kesehatan yang menjadi game changer pemulihan ke depan. “Jadi dilihat perbaikan memang terus berlanjut, namun seberapa cepat akan sangat tergantung dengan vaksinasi,” jelasnya.

Perry mengungkapkan, jumlah indikator yang mendorong perbaikan ekonomi ialah konsumsi rumah tangga. Menurutnya konsumsi sebagai andil terbesar sektor pengeluaran PDB sudah mengalami perbaikan.  Tercatat pada kuartal IV 2020, konsumsi rumah tangga minus 3,61% (yoy). Angka ini membaik dibandingkan kuartal III yang minus 4,05% (oy) maupun kuartal II minus 5,52% (yoy). (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News