Moneter dan Fiskal

BI: Penjualan Eceran Tetap Kuat di Desember 2023, Ini Buktinya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa, penjualan eceran pada Desember 2023 diprakirakan tetap kuat yang terlihat dari Indeks Penjualan Riil (IPR) sebesar 217,9 atau mengalami pertumbuhan sebanyak 0,1 persen yoy.

Asisten Gubernur BI, Erwin Haryono, mengatakan bahwa pertumbuhan IPR tersebut didorong oleh meningkatnya pertumbuhan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, makanan, minuman, dan tembakau.

Baca juga: Sentimen Rupiah Bikin Cadangan Devisa RI Melejit di Akhir 2023

“Secara bulanan, penjualan eceran juga diprakirakan meningkat, dengan pertumbuhan sebesar 4,8 persen (mtm),” ucap Erwin dalam keterangan resmi di Jakarta, 10 Januari 2024.

Tidak hanya itu, kinerja seluruh kelompok diprakirakan turut meningkat, terutama pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi, subkelompok samdang, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau sejalan dengan perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur tahun baru yang meningkatkan permintaan dalam negeri, serta strategi potongan harga dari retailer.

Baca juga: Indeks Harga Perdagangan Besar Naik di Desember 2023, Cek Rinciannya

Hal tersebut juga sejalan dengan, IPR di November 2023 yang tercatat tetap kuat sebesar 207,9 atau secara tahunan tumbuh sebesar 2,1 persen yoy yang didorong oleh subkelompok sandang dan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor yang tumbuh meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. 

Adapun, secara bulanan, penjualan eceran tetap tumbuh sebesar 0,2 persen mtm, terutama ditopang oleh meningkatnya pertumbuhan kelompok suku cadang dan aksesori, serta subkelompok sandang. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

5 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

6 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

6 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

8 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

8 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

8 hours ago