BI Pastikan Akan Beri Insentif Dalam Transaksi LCS

BI Pastikan Akan Beri Insentif Dalam Transaksi LCS

BI Pastikan Akan Beri Insentif Dalam Transaksi LCS
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Indonesia (BI) saat ini tengah menggencarkan kerja sama penyelesaian transaksi bilateral dengan mata uang lokal (Local Currency Settlement/LCS). Kerja sama ini dilakukan dengan negara-negara mitra dagang, seperti Malaysia, Thailand, Jepang, dan China dengan harapan mengurangi ketergantungan pasar valas akan Dollar Amerika Serikat (US$).

Doddy Zulverdi selaku Direktur Eksekutif Kepala Departemen Internasional BI mengungkapkan bahwa pemerintah sedang merumuskan insentif bagi para pelaku usaha yang mengaplikasikan transaksi LCS. Harapannya, para pelaku usaha akan semakin tertarik untuk menggunakan mata uang lokal dalam setiap transaksi dagang mereka.

“Kita juga coba sinergi dengan pemerintah. Kita sudah ada kesepakatan, saat ini pemerintah sedang dalam kajian untuk membantu memberikan insentif bagi pelaku ekonomi yang menggunakan LCS ini,” jelas Doddy pada diskusi InfobankTalkNews bertajuk “Dampak Penerapan Local Currency Settlement Diperluas, Bagaimana Nasib Rupiah?, Kamis, 23 September 2021.

Lebih lanjut, Doddy menerangkan bahwa pemerintah sudah secara eksplisit memasukkan transaksi LCS dalam penerapan UU No.2 Tahun 2020. Transaksi LCS diharapkan mampu membantu pemulihan ekonomi nasional dengan penggunaan yang semakin luas.

Asal tahu saja, nilai transaksi LCS Indonesia dengan Malaysia, Thailand, dan Jepang terus mengalami tren peningkatan baik dari sisi volume, maupun share perdagangan. Misalnya, porsi LCS terhadap perdagangan Indonesia Jepang mencapai 3,4% sampai Semester I 2021. Padahal, transaksi LCS dengan Jepang tahun sebelumnya hanya 0,7%.

Contoh lain adalah porsi transaksi LCS Indonesia Malaysia sampai Semester I 2021 yang mencapai 2,8%. Padahal, tahun 2020 hanya mencapai 1,4%. Peningkatan ini mencerminkan antusiasme dari para pelaku bisnis terhadap transaksi LCS. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]