Market Update

BI: Nilai Tukar Rupiah Masih Undervalued

Jakarta– Bank Indonesia (BI) menilai, fundamental nilai tukar rupiah yang saat ini bertengger pada kisaran Rp14.500 masih dalam undervalued atau terlalu murah jika dilihat dari sisi fundamentalnya.

Akan tetapi, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memastikan pergerakan nilai tukar rupiah tersebut terjadi sesuai dengan mekanisme pasar.

“Rupiah membaik bahkan terus menguat dan pada hari-hari ini diperdagangkan sekitar Rp14.500, meskipun kami melihat level itu masih undervalued kalau dilihat dari sisi fundamentalnya,” kata Perry di Jakarta, Jumat 28 Desember 2018.

Menurut dia, pelemahan rupiah yang sempar terjadi pada kisaran Rp14.600 sebelumnya lebih disebabkan tekanan global di minggu pertama yang dipicu oleh perkembangan ekonomi politik di Amerika Serikat.

Hal tersebut tercermin pada perbedaan pandangan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Gubernur Bank Sentralnya atau The Federal Reserve terkait kondisi ekonomi AS serta kebijakan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR). Maupun ekspektasi pasar terhadap FFR 2019 yang masih memperkirakan akan tiga kali dari yang semula dua kali.

“Kami terus akan melakukan pemantauan dan juga langkah-langkah untuk stabilisasi nilai tukar rupiah. Secara keseluruhan rupiah bergerak stabil menguat sesuai dengan mekanisme pasar,” tambah Perry.

Sebagai informasi, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau Jisdor Bank Indonesia, rupiah per dolar AS pada hari ini (28/12) diposisi Rp14.542, atau menguat dibanding perdagangan kemarin (27/12) yang diposisi Rp14.563, dan di hari sebelumnya lagi yang di posisi Rp14.602.(*)

Suheriadi

Recent Posts

Pinhome Buka Jalan di Pasar Properti IKN, Berikut Sasarannya

Jakarta - Ibu Kota Nusantara (IKN) kini menjadi salah satu pusat perhatian. Pembangunan yang terus… Read More

7 hours ago

Penurunan Suku Bunga Diprediksi Berdampak Positif bagi KPR

Jakarta - Tren penurunan suku bunga yang terjadi akhir-akhir ini disambut baik oleh berbagai kalangan,… Read More

8 hours ago

Moratorium Fintech Lending Belum Dibuka, Begini Tanggapan AFTECH

Jakarta - Sejak awal 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan moratorium atau penutupan perizinan untuk… Read More

8 hours ago

Istana Pastikan Jokowi Hadir di Acara Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta - Istana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai… Read More

10 hours ago

BTN Sabet Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu memegang piala Annual Report Award (ARA) 2023 yang diraih… Read More

10 hours ago

Jokowi: Hilirisasi dan Digitalisasi jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi RI

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, sikap optimisme diperlukan dalam rangka mencapai target peningkatan… Read More

10 hours ago