News Update

BI: Krisis Semenanjung Korea Buat Rupiah Tertekan

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menilai krisis semenanjung Korea antara Korea Utara dengan Korea Selatan beserta sekutunya Amerika Serikat dan Jepang yang semakin memanas turut memberikan tekanan terhadap nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS.

Sebagaimana informasi, Korea Utara (Korut) mengklaim sukses menggelar uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM), yang mampu menjangkau daratan Amerika Serikat (AS). Peluncuran ini membuat gerah AS karena seiring dengan perayaan hari kemerdekaan AS.

Uji coba rudal baru yang disebut sebagai Hwasong-14 itu mengudara sejauh 933 kilometer selama 39 menit, sebelum jatuh di Laut Timur atau Laut Jepang. Korut mengklaim rudal yang mencapai ketinggian jelajah 2.802 kilometer ini memiliki kemampuan untuk menyerang posisi manapun di dunia.

“Kita kemarin lihat ada perkembangan di semenanjung korea yang ada kemungkinan mereka (Korut) mempunyai senjata antar benua. Hal seperti itu saja bisa sebabkan kondisi risk off dan membuat rupiah tertekan,” ujar Gubernur BI di Gedung parlemen, Jakarta, Rabu, 5 Juli 2017.

Jika merujuk pada kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) BI, sejak pembukaan pasar pasca libur pada 3 Juli 2017, rupiah melemah menjadi Rp13.325 dari sebelumnya pada 23 Juni 2017 yang tercatat Rp13.319. Pada 4 Juli 2017, pelemahan juga berlanjut lebih dalam menjadi Rp13.386 per dolar AS dari Rp13,325 per dolar AS.

Meski ada pelemahan pada nilai tukar rupiah, Agus meyakini, bahwa fundamental ekonomi Indonesia tetap dalam keadaan baik. Apalagi kata dia, nilai tukar rupiah sepanjang semester I 2017 juga cukup stabil dengan volatilitas nilai tukar rupiah di bawah 3 persen.

“Karena kita kan tahu volatilitasnya nilai tukar rupiah masih dibawah 3 persen. Dan itu salah satu yang terbaik performancenya. Sampai akhir tahun kita upayakan jaga karena mandat BI menjaga dan memelihara kestabilan rupiah,” tutupnya. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

12 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

12 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

19 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

20 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago