News Update

BI: Jaringan BPR Diharap Memperluas Kredit UMKM

Jakarta – Ditengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) berperan penting dalam memperluas jangkauan penyaluran kredit UMKM di masyarakat. Terlebih, UMKM menjadi ujung tombak perekonomian nasional.

Hal tersebut disampaikan Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Budi Hanoto pada Web Seminar dan E-awarding ke 90 Infobank BPR Awards 2020: Penyelamatan BPR “Ujung Tombak Pembiayaan UMKM di Tengah Pandemi”, Kamis, 1 Oktober 2020. 

Menurutnya, selain berperan penting terhadap perluasan kredit, BPR juga memikiki peran sebagai agen penting dalam pemerataan ekonomi yang inklusif.

“Jaringan BPR mampu memperluas penyaluran kredit UMKM. Bank umum memiliki keterbatasan ekspertis dan jaringan dalam menyalurkan kredit UMKM, yang dapat dijembatani oleh BPR melalui pola kredit linkage atau tidak langsung,” kata Budi.

Ia mengungkapkan, hingga Juli 2020 total penyaluran kredit UMKM dari BPR secara tidak langsung telah mencapai Rp50,2 triliun. Angka tersebut setara dengan 4,39% dari total penyaluran kredit UMKM.

Tak hanya itu, BI juga mencatat total kredit BPR hingga Juli 2020 mencapai Rp110,55 triliun angka tersebut masih tumbuh 4,97% secara tahunan. Dari angka tersebut, porsi penyaluran kredit masih didominasi oleh kredit konsumsibsebesar 46,9%.

Sedangkan segmen lainnya ialah kredit modal kerja sebesar 45,52% dan terakhir ialah kredit investasi debesar 7,53%. Meskipun begitu, menurutnya pendampingan BPR dan literasi keuangan digital kedepan masih menjadi program utama BPR dalam mendorong ekonomi dan keuangan inklusif. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

6 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

7 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

13 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

14 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago