Categories: KeuanganNews Update

BI Implementasi QRIS di 1.000 Rumah Ibadah

Surabaya – Bank Indonesia (BI) terus mendorong inovasi dalam bertransaksi melalui pemanfaatan teknologi di sistem pembayaran, seperti QR Code. Langkah nyata yang telah dilakukan melalui fasilitas dan business matching yang melibatkan 1.000 Rumah Ibadah dengan 14 Perbankan di seluruh Jawa Timur.

Dengan mengambil tema “Gerakan Elektronifikasi Rumah Ibadah, serta Pemecahan Rekor MURI penempelan QR Code terbanyak dikotak amal”. Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah berharap potensi transaksi atau perputaran uang, baik yang berupa zakat, infaq, sedekah dapat lebih efisien dan praktis.

“Sehingga, kami memandang perlu mendorong penggunaan QR Code sebagai salah satu tools untuk mempermudah dan memperbanyak alternatif cara bertransaksi di kalangan masyarakat. Hal ini mengingat penggunaan QR Code sebagai sebuah alat untuk beragam hal sudah berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, sebagai contoh yaitu semakin luasnya penggunaan uang elektronik LinkAja, OVO, dan Go-Pay,” kata Difi di Surabaya, Sabtu 9 November 2019.

Dalam kesempatan tersebut, anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia menyambut positif acara tersebut. Menurutnya, ini adalah momen yang bagus untuk dimulai dari Jawa Timur, Surabaya dan bertepatan dengan hari Pahlawan besok.

“Seluruh inisiatif bermula dari Jawa Timur, termasuk implementasi QRIS di rumah ibadah. Saat ini penyedia QR juga lebih dimudahkan dengan adanya standar QR dari Bank Indonesia, dengan menggunakan uang elektronik apapun bisa langsung menyumbang dan secara non tunai. Sehingga dapat mempermudah pengguna dalam bersedekah di rumah ibadah tanpa ada batasan jumlah, jarak dan waktu,” ucap Indah.

Dengan adanya Gerakan Elektronifikasi Rumah Ibadah, diharapkan dapat diikuti oleh seluruh rumah ibadah yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga dapat menyerap potensi shodaqah dan infaq yang ada dan dapat mendorong pengelolaan dana sosial yang lebih baik serta dapat mendorong terwujudnya Sistem Pembayaran Indonesia yang Aman, Efisien dan Handal.

Sebagai informasi, ke-14 bank yang tergabung dalam implementasi QR-IS tempat ibadah ialah BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, BPD Jatim, Mandiri Syariah, BRIsyariah, CIMB Niaga, Bank Sinarmas, Maybank Indonesia, Bank Bukopin, BPD Jatim Syariah serta BNI Syariah. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Lewat Lagu Ini, Dul Jaelani Dewa 19 Experience Bawa Penonton Nostalgia di Jazz Gunung Burangrang

Bandung – Dul Jaelani Dewa 19 Experience menghentak panggung Jazz Gunung Burangrang: Sora-Sora Bergembira! di Dusun Bambu,… Read More

28 mins ago

Prof Muliaman Hadad: Ruang Kinerja Keberlanjutan di RI Perlu Ditingkatkan

Jakarta - Ruang peningkatan kinerja keberlanjutan di Indonesia masih perlu ditingkatkan lagi. Terutama dalam bidang… Read More

1 hour ago

Rapor IHSG Sepekan: Menguat 3,18 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.967 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa data perdagangan saham pada pekan ini,… Read More

3 hours ago

Gelar Allo Friends Day, Allo Bank Perkenalkan Brand Ambassador dan Campaign Baru

Jakarta – PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI) pada 19 hingga 20 Oktober 2024 akan… Read More

4 hours ago

Kantongi Lisensi PFAK, Bitwewe Akan Perluas Layanan Dukung Ekosistem Kripto di RI

Jakarta – PT Sentra Bitwewe Indonesia (Bitwewe) resmi mengantongi lisensi Pedagang Fisik Aset Kripto (PFAK)… Read More

4 hours ago

Manggung di Jazz Gunung Burangrang, Vina ‘Si Burung Camar’ Sukses Hibur Penggemar

Bandung – Vina ‘Si Burung Camar’ Panduwinata tampik apik dan sukses menghibur penggemar di panggung Jazz… Read More

5 hours ago