News Update

BI Gandeng Kemnaker Siapkan Standarisasi Kompetensi Sistem Pembayaran

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menggandeng Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi dalam kerjasama mengenai standarisasi kompetensi di bidang sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah.

Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur BI Perry Warjiyo, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Deputi Gubernur BI Sugeng. Perry menyampaikan, pada era digital saat ini Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sangat diperlukan dalam pengembangan bisnis salahsatunya perbankan.

“Ini wujud nyata sinergi salah suatu kunci kita untuk maju membangun Indonesia, maju dengan SDM unggul. Tadi sudah dijelaskan bahwa dunia sedang hadapi meluasnya globalisasi dan begitu cepatnya digitalisasi,” kata Perry di Kompleks Perkantoran BI Jakarta, Senin 9 Maret 2020.

Perry menambahkan, selain industri perbankan, industri UMKM juga harus memiliki standart kompetensi dalam menghadapi digitalisasi salahsatunya digitalisasi sistem pembayaran.

“Terdapat 9,45 juta UMKKVpasar terbesar sumber pertumbuhan sumber ketenaga kerjaan dan digitalisasi, belum lagi tenaga kerja begitu banyak belum lagi UMKM, pariwisata segala macam ritel market is the big market,” tambah Perry.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan, dalam konteks ketenagakerjaan, kemampuan dan kompetisi operasional bagi SDM sangat diperlukan. Salahsatunya yaitu memiliki kemampuan teknis dan adventurial dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola dan bisnis perbankan.

“Kompetisi sumber daya manusia tersebut telah tertuang dalam SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah sebagaimana telah ditetapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan pada tahun 2017,” tutup Ida. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Perluas Layanan, Bank INA Buka Kantor Cabang Baru di Sunter

Jakarta – Bank INA resmi membuka Kantor Cabang Pembantu (KCP) Sunter, yang beralamat di Ruko… Read More

3 mins ago

Heboh Isu Uang Rp10 Ribu Emisi 2005 Tak Berlaku Lagi, Begini Penjelasan BI

Jakarta – Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim merespons terkait kabar uang Rp10.000 tahun… Read More

19 mins ago

Aset Asuransi Syariah Rp45,75 Triliun, OJK Terus Dorong Upaya Spin Off UUS

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kontribusi premi dari asuransi syariah meningkat 2,90 persen… Read More

39 mins ago

Bank Pembangunan Islam Salurkan Pembiayaan Rp111,48 Triliun ke RI

Jakarta – Islamic Development Bank Group (IsDB) atau Bank Pembangunan Islam telah menyalurkan pembiayaan sekitar USD7,2 miliar… Read More

41 mins ago

Jajaki Asuransi Warga Desa, Asta Kanti Jalin Kemitraan Strategis dengan DPP Desa Bersatu

Jakarta – Perusahaan pialang asuransi PT Asta Kanti Insurance Broker menandatangani kerja sama strategis dengan… Read More

44 mins ago

Siap-siap! Airlangga Bakal Sanksi Pemda yang Terindikasi Manipulasi Data Inflasi

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bakal memberikan sanksi jika terbukti Pemerintah Daerah (Pemda)… Read More

52 mins ago