Moneter dan Fiskal

BI Gali Potensi Cadangan Devisa Lewat Cara Ini

Jakarta – Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung menyebut Pekerja Migran Indonesia (PMI) menyumbang lebih dari 1 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Juda bilang angka tersebut diperkirakan bakal terus meningkat seiring dengan devisa dari PMI yang akan digali potensinya.

“Tapi yang jelas sumbangan dari pekerja migran terhadap PDB lebih dari 1 persen dan terus meningkat,” kata Juda dalam Konferensi Pers Penandatanganan Nota Kesepahaman BI dan BP2MI, Jumat, 31 Mei 2024.

Baca juga: Gara-gara Ini, Cadangan Devisa RI Turun Jadi USD140,4 Miliar

Adapun Bank Indonesia (BI) bersama BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) menandatangani Nota Kesepahaman antara BI dan BP2MI tentang kerja sama dan koordinasi dalam rangka pemberdayaan ekonomi dan keuangan serta statistik PMI.

Salah satu implementasi dari kerja sama tersebut adalah dengan memberikan literasi layanan keuangan dan sistem pembayaran kepada PMI. Di mana PMI akan dibekali pemahaman transfer dana remitansi atau layanan yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan non bank untuk transfer uang antar negara.

Baca juga: Cadangan Devisa Turun, Bos BI: Tak Perlu Insecure

Melalui remitansi, potensi akan tambahan cadangan devisa di Tanah Air juga bakal meningkat. Tahun 2023 saja, sumbangan devisa dari PMI mencapai USD14,2 miliar di tahun 2023, atau setara Rp230,6 triliun (asumsi kurs Rp16.250).

“Ya mudah-mudahan dengan literasi keuangan mereka bisa lakukan pengelolaan keuangan dengan baik sehingga uang yang bisa dikirim ke Tanah Air menjadi lebih banyak,” pungkas Juda. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

2 hours ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

15 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

15 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

15 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

18 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

19 hours ago