News Update

BI: Ekonomi RI Terkontraksi, Sektor Keuangan Masih Tumbuh

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebutkan, meski ekonomi Indonesia mengalami kontraksi hingga 5,32%, kinerja keseluruhan sektor jasa keuangan masih tumbuh positif.

Hal tersebut disampaikannya pada saat video conference Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dengan media. Menurutnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sektor jasa keuangan masih tumbuh positif 1,03%, meskipun raihan itu lebih rendah dibanding kuartal I 2020.

“Di triwulan kedua, sektor jasa keuangan seperti apa, sektor jasa keuangan positif 1,03% secara yoy. Memang lebih rendah dari triwulan I di 4,49%. Tapi itu menunjukkan kenapa di sektor jasa keuangan secara keseluruhan itu masih tumbuh,” kata Perry dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Rabu 5 Agustus 2020.

Oleh karena itu, Perry menilai sektor jasa keuangan mampu bertahan dan akan bangkit di masa pandemi covid-19 saat ini. Tak hanya itu, atas dasar data itulah bank sentral memutuskan kebijakan salahsatunya mengenai kebijakan menurunkan suku bunga acuan.

“Dan menurunkan GWM, kemudian quantitative easing, juga ada restrukturisasi kredit. Sehingga kondisi dari sektor keuangan itu dari KSSK kita jaga, itu tetep stabil meskipun kita harus tetep waspada karena harus kita jaga,” jelas dia.

Sebagai informasi saja, BI kembali menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps menjadi 4,00%, dengan suku bunga Deposit Facility sebesar 3,25% dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,75% pada bulan Juli 2020. Keputusan ini konsisten dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga, dan sebagai langkah lanjutan untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Ke depannya, BI juga memperkuat bauran kebijakan dengan melanjutkan kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai nilai fundamental dan mekanisme pasar; mendorong pemulihan ekonomi nasional dengan lebih menekankan pada penguatan sinergi ekspansi moneter dengan akselerasi stimulus fiskal Pemerintah. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Simak! Ini Deretan Upaya SMF Kurangi Beban Fiskal Pemerintah

Lampung – PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) terus memperkuat perannya sebagai fiscal tools pemerintah. Penyedia… Read More

35 mins ago

Kabinet Zaken Gemoy: Harus Market Friendly dan Fokus Pada Penciptaan Lapangan Kerja

Oleh Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group KABINET pemerintahan Prabowo-Gibran akan terbentuk di 20… Read More

60 mins ago

Investor Simak! Berikut Sentimen yang Bakal Pengaruhi IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada pekan lalu sebesar 0,60 persen… Read More

2 hours ago

Tugure dan Malaysian Re Bahas Solusi Inovatif Menekan Angka Klaim Asuransi Kesehatan

Jakarta – PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugure) bersama Malaysian Reinsurance (Malaysian Re) menggelar sesi sharing… Read More

2 hours ago

Setelah 21 Tahun Pakai Logo Permata, Permata Bank Kini Pakai Logo Bunga Lotus

Jakarta - PT Bank Permata Tbk (Permata Bank) meluncurkan logo terbaru yang menggantikan logo permata… Read More

3 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Turun 0,39 Persen ke Level 7.667

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Senin (30/9), Indeks Harga Saham… Read More

3 hours ago