Moneter dan Fiskal

BI Diprediksi Akan Naikkan Suku Bunga 25 bps

Jakarta– Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan kembali menaikkan suku bunga acuan BI 7 days Reverse Repo Rate (BI7DRRR) miliknya sebesar 25 basis poin (bps) dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang sedang berlangsung pada 26-27 September 2018.

Hal tersebut disampaikan oleh Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara ketika dihubungi oleh Infobank. Dirinya menyebut, kenaikan pada bulan ini guna antisipasi kenaikan yang dilakukan oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS).

“BI diperkirakan akan melakukan kenaikan bunga acuan 25 basis poin sebagai respon terhadap Fed rate. Dampak positifnya imbal hasil dari instrumen domestik berbasis bunga akan semakin menarik. Investor asing bisa lebih bertahan di Indonesia,” kata Bhima ketika dihubungi oleh Infobank di Jakarta, Kamis 27 September 2018.

Bhima menyebut, kondisi tersebut dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Salah satu dampak negatif dari kenaikan suku bunga tersebut ialah mengurangi daya beli masyarakat dan mempengaruhi kemampuan bayar bagi para debitur.

“Dampak negatifnya bunga kredit semakinada mahal mempengaruhi kemampuan bayar debitur baik swasta maupun perorangan di segmen kredit konsumsi. Cost of borrowing yang naik menjadi penahan dari ekspansi perusahaan swasta,” kata Bhima.

Sebagai informasi RDG bulan ini akan dilakukan pada 26-27 September 2018, yang akan membahas perkembangan ekonomi terkini, baik secara domestik maupun global. Di hari terakhir RDG tersebut akan diputuskan untuk menaikkan atau mempertahankan suku bunga acuan BI.

Sebelumnya, sepanjang 2018 BI telah menaikkan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate sebanyak 125 bps pada bulan Mei Juni dan Agustus sehingga kini berada di level 5,5%. Namun sepertinya kebijakan tersebut belum dapat memulihkan nilai tukar rupiah. Oleh karena itu, diperkirakan BI akan kembali menaikkan suku bunganya pada bulan September ini.(*)

Suheriadi

Recent Posts

Mengenal 6 Srikandi Calon Menteri Prabowo, Ada Sri Mulyani hingga Veronica Tan

Jakarta – Presiden Terpilih Prabowo Subianto tengah meracik komposisi calon menteri yang bakal duduk di… Read More

42 seconds ago

Dukung The Papandayan Jazz Fest 2024, bank bjb Siapkan Program Menabung dan Diskon untuk Dapatkan Tiketnya

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb… Read More

23 mins ago

Catat Tanggalnya! Pemerintah Tetapkan 27 Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2025

Jakarta - Pemerintah menetapkan 27 hari libur nasional dan cuti bersama untuk tahun 2025, yang… Read More

59 mins ago

Perkuat Posisi di Perbankan Digital, DPK Krom Bank Tumbuh Empat Kali Lipat Tembus Rp2,2 Triliun

Jakarta - Krom Bank Indonesia (Krom Bank), anak perusahaan Kredivo Group, terus menunjukkan perkembangan positif… Read More

1 hour ago

Jokowi Resmikan Istana Negara IKN Karya WIKA KSO, Simak Kecanggihannya

Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara… Read More

1 hour ago

Pimpinan MPR Sowan ke Jokowi di Istana Merdeka, Bahas Apa?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI)… Read More

2 hours ago