BI Catat Inflasi 0,45% di Minggu Keempat Juni

BI Catat Inflasi 0,45% di Minggu Keempat Juni

Cadangan Devisa RI Meningkat jadi US$135,1 Miliar
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan Bank Indonesia (BI) hingga minggu keempat di bulan Juni 2019 menunjukkan Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi sebesar 0,45 persen secara month to month (mtm).

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo di Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Jakarta, Jumat, 28 Juni 2019 menjelaskan, angka inflasi minggu keempat tidak berbeda jauh dengan angka inflasi pada minggu sebelumnya.

“Untuk inflasi SPH minggu terakhir di 0,45 persen secara mtm, sementara secara year on year (yoy) 3,21 persen. Ini memang inflasi masih cukup terjaga,” jelasnya.

Dody mengatakan, beberapa penyebab inflasi pada minggu terakhir Juni ini disebabkan oleh beberapa kelompok bahan makanan, kelompok makanan jadi, hingga kelompok transportasi. Namun dirinya menyebut hal tersebut masih dalam tren stabil.

“Beberapa penyebab inflasi masih terbawa dari bulan lalu seperti cabai, angkutan dalam kota tapi semua masih dalam tren menurun,” jelas Dody.

Dirinya menyebut, Bank Sentral akan terus berkordinasi dengan seluruh Pemerintah pusat dan daerah guna menjaga stabilitas inflasi agar sesuai dengan target diangka 3 plus minus 1 persen.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Mei 2019 sebesar 0,68% (month to month/mtm). Inflasi ini tinggi dari tingkat inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 0,44% mtm.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]