Properti

BI : Harga Properti Naik Terbatas di Triwulan I-2023

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) mengindikasikan harga properti residensial di pasar primer pada triwulan I 2023 naik terbatas. 

Hal tersebut tercermin dari kenaikan Indeks harga Properti Residensial (IHPR) triwulan I 2023 sebesar 1,79% (yoy), sedikit lebih rendah dibandingkan pertumbuhan 2.00% (yoy) pada triwulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Erwin Haryono mengatakan, kenaikan IHPR yang masih terbatas terutama terjadi pada rumah tipe menengah yaitu sebesar 2,76% (yoy) lebih rendah dari 3,22% (yoy) pada triwulan IV 2022.

Harga tipe rumah kecil dan besar juga meningkat terbatas sebesar 1,77% (yoy) dan 1,36% (yoy) lebih rendah dari 2,08% (yoy) dan 1,43% (yoy) pada triwulan IV 2022.

“Secara spasial, pergerakan indeks harga rumah yang melambat pada teirulan I 2023 utamanya terjadi di Kota Pontianak, Yogyakarta dan Surabaya,” jelas Erwin dikutip, Rabu, 17 Mei 2023.

Dari sisi penjualan kata dia, hasil survei mengindikasikan penjualan properti residensial di pasar primer pada triwulan I 2023 secara tahunan mengalami penurunan. 

Hal tersebut tercermin dari penjualan properti residensial yang terkontraksi sebesar 8,26% (yoy) setelah pada triwulan sebelumnya tumbuh positif 4,54% (yoy).

Menurutnya, perkembangan penjualan yang menurun pada triwulan I 2023 disebabkan oleh terkontraksinya penjualan rumah kecil dan besar masing-masing sebesar 15,64% (yoy) dan 6,25% (yoy).

Lanjutnya, pada triwulan I 2023, pembiayaan nonperbankan masih menjadi sumber pembiayaan utama pembangunan property residensial oleh pengembang. Sebesar 73,31% dari total kebutuhan modal pembangunan proyek perumahan berasal dari dana internal. 

Sementara itu, dari sisi konsumen, skema pembiayaan KPR masih menjadi pilihan utama pembelian properti residensial dengan pangsa sebesar 74,83% dari total pembiayaan, diikuti oleh tunai bertahap 17,90% dan secara tunai 7,27%. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Pertahanan 3 Lapis dalam Pengelolaan UMKM

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank Sumut dan Pemerhati UMKM DI zaman sekarang ini, ada… Read More

31 mins ago

Ingat Pesan Prof Soemitro Djojohadikusumo Soal Dana Pembangunan yang Bocor 30 Persen

Oleh Karnoto Mohamad, Wakil Pemimpin Redaksi Infobank PRESIDEN Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20… Read More

1 hour ago

IHSG Rawan Terkoreksi, Intip Rekomendasi Saham Hari Ini

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

1 hour ago

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

16 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

18 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

18 hours ago