News Update

BI Berharap Banyak dari Tax Amnesty

Jakarta–Bank Indonesia (BI) berharap cukup besar dengan kesuksesan program tax amnesty. Tak hanya dapat membiayi pembangunan, program ini diharapkan bisa mendorong laju pertumbuhan ekonomi tahun depan. Hal ini terkait erat dengan ketidakpastian kondisi perekonomian global.

“Saya sangat menyambut gembira perkembangan dari tax amnesty. Kita sangat perlu mewaspadai besaran repatriasi. Karena besaran itu yang banyak membantu pertumbuhan ekonomi 2017. Tebusan penting untuk mengisi dan menopang anggaran 2017,” tukas Gubernur BI, Agus D.W. Martowardojo di Kompleks Gedung BI, Jakarta, Jumat, 23 September 2016.

Bank sentral memproyeksi, pertumbuhan ekonomi nasional ada di kisaran 5,1%-5,5% pada 2017. Agus menjelaskan, ada sekitar Rp180 triliun dana tax amnesty yang sudah masuk. Angka ini mencapai sekitar 30% dari proyeksi dana yang ditaskir mencapai Rp540 triliun. Agus mengatakan, bila (dana) ini masuk akan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di level 5,1%.

“Kita harapkan ke depan tax amnesty di Indonesia berdampak positif. Sampai dengan 20 September 2016, sudah Rp151 triliun. Tahun lalu Rp39 triliun,” ucapnya.

Berdasarkan data kementrian keuangan, jumlah peserta yang ikut dala program pengampunan pajak terus bertambah. Progress ini membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis, program ini akan mencapai target. Bahkan, Jokowi meyebut program ini sebagai program yang paling berhasil di dunia.

Besarnya animo masyarakat ikut dalam program pengampunan pajak memicu pemeirntah memperpanjang jangka waktu program ini. Harapannya, hal ini dapat kembali mendorong jumlah dana hasil program amnesty pajak, dan mengungkap lagi jumlah potensi dana yang bisa pulang ke dalam negeri. Besarnya dana-dana tersebut akan sangat berperan dalam mendukung proses pembangunan, terutama pembangunan infrastruktur.

Selain program pengampunan pajak, berbagai upaya perbaikan ekonomi juga terus dilakukan. Bank Indonesia sebagai penjaga gawang stabilitas moneter, akhirnya menyesuaikan BI 7 Day Reverse Repo Rate. Minggu ini, suku bunga acuan bank sentral yang baru resmi dirilis dan dipakai minggu lalu ini diturunkan. BI menurunkan BI 7 Day Reserve Repo Rate ke level 5% untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Rencananya, BI 7 Day Repo Rate akan terus dievaluasi setiap bulannya(*)

 

Editor: Paulus Yoga

Paulus Yoga

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

15 mins ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

32 mins ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

35 mins ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

56 mins ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

2 hours ago