Moneter dan Fiskal

BI: ASEAN Jadi Pusat Pertumbuhan di Tengah Gejolak

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, selama tiga tahun terakhir ASEAN menjadi pusat pertumbuhan dan resiliensi ketika dunia dilanda ketidakpastian akibat dari pandemi Covid-19 dan berbagai gejolak.

Di tahun 2022, inflasi di Tanah Air cenderung tinggi karena harga komoditas global, rantai pasok, dan pandemi Covid-19 yang mencapai 6,3%. Tetapi, di tahun 2023 BI optimis negara ASEAN 5 inflasinya akan menurun ke level 3,3% dan tahun 2024 sebesar 3,2%.

“Semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi yang tinggi, maka semakin pesat juga upaya dalam upaya mengendalikan inflasi, baik stabilitas makroekonomi dan finansial,” ujar Perry dalam High Level Seminar ASEAN Matters Epicentrum of Growth, Senin, 6 Maret 2023.

Menurutnya, pertumbuhan yang cukup baik ini dikarenakan ASEAN sangatlah disiplin dalam menentukan kebijakan moneter di Bank Sentral. 

Kebijakan tersebut, bukan hanya menaikkan suku bunga acuan dan menstabilisasi nilai tukar, namun ASEAN juga mendukung pertumbuhan ekonomi melalui akomodasi makroprudensial dan digitalisasi sistem pembayaran. Ini yang kemudian mendukung pertumbuhan ekonomi dan inklusi di kawasannya.

“Kenapa ASEAN matters as the epicentrum growth? Karena kami secara konsisten melakukan reformasi struktural,” ungkapnya.

Perry menambahkan, ASEAN terus mereformasi perdagangan dan investasinya, sementara negara-negara lain melakukan fragmentasi, kebijakan pintu tertutup. Tetapi ASEAN, secara umum justru membuka pintu perdagangan dan investasinya.

“Indonesia adalah salah satu contohnya. Di tengah-tengah terjadinya pandemi Covid-19, kami justru melakukan sejumlah reformasi struktural. Misalnya, kami menyusun UU Cipta Kerja, mengekspansi hubungan dagang dan investasi, juga melakukan hilirisasi, ini yang kemudian mendukung pertumbuhan ekonomi kami,” jelasnya.

Namun demikian, Perry menambahkan bahwa kondisi ekonomi global yang masih menghadapi turbulensi masih perlu terus diwaspadai, terutama dengan kondisi ekonomi yang terfragmentasi mengingat masih berlangsungnya tensi geopolitik Rusia dan Ukraina, serta memanasnya perang dagang Amerika Serikat dan China.(*)

Editor: Rezkiana Nisaputr

Irawati

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

3 mins ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

42 mins ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

2 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

2 hours ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

4 hours ago