News Update

BI Anggap Depresiasi Rupiah Rp13.600 Masih Wajar

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengaku tidak begitu menghawatirkan adanya pelemahan atau depresiasi nilai tukar rupiah pada hari ini (8/2) yang tercatat dilevel Rp13.624 per dollar Amerika Serikat (AS). Angka tersebut merupakan level terlemah sejak awal 2018.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menjelaskan, pelemahan tersebut terjadi akibat penyesuaian pasar dalam menghadapi kenaikan suku bunga acuan The Federal Reserve (The Fed) yang diperkirakan terjadi pada Maret 2018.

“Menurut kami ini adalah adjustment yang normal tapi kalau kita sekarang berekspektasi Maret kenaikan pertama di 2018, ya berarti volatility yang terjadi di Februari sesuatu yang normal-normal saja,” ujarnya di Jakarta, Kamis 8 Februari 2018.

Baca juga : Sentimen AS Buat Rupiah Bergerak Mendatar

Lebih lanjut Mirza menjelaskan, ekpektasi pasar telah berubah terhadap pergerakan suku bunga Federal Reserve yang diperkirakan akan meningkat sekitar tiga hingga empat kali pada tahun ini.

Dirinya menambahkan, perubahan ekspektasi tersebut terjadi akibat perbaikan ekonomi makro AS, khususnya data ketenagakerjaan, yang disusul kenaikan ekspektasi inflasi dan juga imbal hasil obligasi pemerintah AS.

“Kami lihat karena ekspektasi pasar terhadap ekonomi AS cukup strong, maka ada penyesuaian yang kami lihat normal,” tutup Mirza. (*)

Suheriadi

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

11 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

12 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

12 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

12 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

13 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

14 hours ago