News Update

BI Ajak Milenial Jadi Agen Perubahan UMKM

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengajak generasi milenial menjadi agen perubahan dalam mendobrak bangkitnya produk-produk lokal kreatif dan inovatif UMKM dalam ekosistem ekonomi digital.

“Sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi motor penggerak usaha lokal dan UMKM, generasi milenial harus memiliki rasa cinta dan bangga terhadap produk buatan Indonesia,” kata Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, pada kegiatan Festival Edukasi Bank Indonesia (FESKABI) dengan topik “Strengthening Local Brand Through Digital Economy” yang digelar virtual di Jakarta, Rabu  25 November 2020.

Lebih lanjut ia menyampaikan, tren aktivitas digital yang meningkat harus dimanfaatkan sebagai peluang khususnya dalam memajukan UMKM Indonesia. Untuk terus mendukung kemajuan perekonomian khususnya melalui platform digital, BI telah mempersiapkan berbagai inovasi kebijakan untuk mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital.

Destry menambahkan, hadirnya QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang kini telah dipergunakan oleh lebih dari 5 juta merchant di seluruh Indonesia juga turut membantu memperluas akses pelaku UMKM dalam melakukan usaha secara digital sekaligus meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Tak hanya itu, BI juga memfasilitasi program onboarding UMKM yang dilakukan melalui pembelajaran secara daring terkait dengan strategi UMKM agar terkoneksi dengan platform digital, teknik fotografi, logistik, dan membuat pembukuan, serta hal lainnya yang mendukung UMKM di era digital.

Mengusung tema besar “Yuk, Manfaatkan Transaksi Digital untuk Kemajuan Ekonomi Nasional!”, FESKABI 2020 yang dilaksanakan secara virtual pada 25-27 November 2020 diharapkan dapat meningkatkan pemahaman generasi milenial tentang kebijakan terkini BI.

Turut hadir sebagai pembicara, Direktur PT. Indofood Sukses Makmur, Axton Salim, CEO & Founder BLP Beauty, Lizzie Parra, dan CBO & Co-founder Kopi Kenangan, James Prananto, dan Direktur Departemen Komunikasi BI, Junanto Herdiawan.

FESKABI yang dulunya merupakan BI Goes To Campus adalah kegiatan sosialisasi dan edukasi yang diselenggarakan BI secara rutin sejak tahun 2013 mengenai fungsi, tugas dan kebijakan terkini Bank Indonesia kepada generasi milenial khususnya mahasiwa di berbagai kota di Indonesia. Selain kegiatan sosialisasi dan edukasi, rangkaian FESKABI juga memperlombakan kompetisi konten digital yaitu vlog, video satu menit, video animasi, blog, dan komik, yang dibuka sejak 24 November 2020 lalu sampai 31 Januari 2021 dan terbuka untuk umum. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Gojek Tingkatkan Literasi Keuangan Mitra, Tekankan Bahaya Judi Online

Jakarta - Platform transportasi online, Gojek sebagai bagian dari grup PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk… Read More

9 hours ago

Indonesia Ingin Gabung BRICS, CSIS: Kita Sudah Anggota G20

Jakarta - Indonesia dikabarkan membuka peluang untuk bergabung dengan BRICS, kelompok negara yang terdiri dari… Read More

10 hours ago

GREAT Prestige Optima Protector Meluncur, Bantu Realisasikan Tujuan Finansial Nasabah Lebih Cepat

Jakarta - Great Eastern Life Indonesia bersama dengan mitra strategisnya PT Bank OCBC NISP Tbk… Read More

11 hours ago

Andien hingga Maliq & D’Essentials Siap Hentak Panggung Golo Mori Jazz 2024

Jakarta – Perhelatan musik jazz berskala internasional, International Golo Mori Jazz 2024 bakal digelar pada… Read More

11 hours ago

Modal Asing Keluar dari RI Rp6,63 Triliun dalam Sepekan, Simak Rinciannya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat adanya aliran modal asing keluar (capital outflow) senilai Rp6,63… Read More

11 hours ago

Bank Sulselbar Kantongi Laba Bersih Rp455,70 Miliar di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat atau Bank Sulselbar mencatatkan… Read More

12 hours ago