News Update

Bertahan ditengah Pandemi, Ini Kunci dari Ignatius Jonan

Jakarta – Pandemi Virus Corona (Covid-19) menjadi alasan kuat bagi setiap perusahaan untuk mampu beradaptasi untuk menghadapi tantangan yang segera datang.

Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan tantangan terbesar saat ini adalah bagaimana untuk untuk mengaplikasikan cara berpikir yang sesuai dengan kebutuhan jaman. Oleh karena itu transformasi harus jadi kunci perusahaan bertahan ditengah pandemi covid-19.

“Global pandemic merupakan alasan yang kuat bagaimana melakukan transformasi organisasi atau lingkup bisnis terutama keuangan untuk menghadapi tantangan baru yang segera muncul,” ujar Jonan dalam Pelatihan Program Online Training: “ Infobank Institute & IICD Zoom Meeting: Desaign Thinking for Bankers: Strategy to Face the New Normal”, Selasa, 9 Juni 2020.

Mengutip data Bloomberg, Jonan mengatakan pada tahun 2008 dari 10 perusahaan terbesar di dunia 5 diantaranya perusahaan bergerak di sumber daya alam. Tapi dalam waktu 10 tahun atau 2018 lima perusahaan tersebut sumber daya alam itu sudah tidak ada lagi dalam daftar 10 perusahaan terbesar di dunia.

“Ini menggambarkan perkembangan ke depan itu ada diskontiniunitas . Sekarang dengan adanya pandemik, IMF, World Bank, World Economic Forum, saat ini tengah mendorong adanya great reset,” ucap Jonan.

Oleh karena itu menurut Jonan, untuk menghadapi perubahan yang semakin cepat belakangan ini redesign thingking dalam membangun sebuah sumber daya manusia dalam suatu perusahaan menjadi hal penting.

Lebih lanjut ia menilai, di tengah tantangan akibat pandemi seperti sekarang ini, empati menjadi hal yang penting untuk dimasukan dalam transformasi perusahaan khususnya lembaga keuangan.

“Perasaan untuk menghadapi ketidakadilan harus dimasukan ke dalam apapun yang kita pikirkan untuk ke depan karena kalau tidak dunia pasti akan lebih berantakan,” tutup Jonan (*) Dikcy F Maulana

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Semester I-2024, Industri Asuransi Umum Catat Premi Rp53,54 Triliun

Jakarta - Industri asuransi umum di Indonesia mencatat pertumbuhan yang cukup positif di semester I-2024.… Read More

29 mins ago

Warga RI Ramai ‘Makan Tabungan’, Bos BNI Bilang Begini

Jakarta – Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI, Royke Tumilaar… Read More

46 mins ago

IHSG Ditutup Anjlok 2,20 Persen ke Level 7.527

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (30/9) berakhir ditutup merosot ke… Read More

59 mins ago

INDEF Ungkap Penghambat Penerapan Ekonomi Sirkular di RI

Jakarta – Kepala Center of Industry, Trade, and Investment INDEF, Andry Satrio Nugroho membeberkan sejumlah penghambat RI… Read More

1 hour ago

Penambahan Stok BBM saat MotoGP Dorong Ekonomi Daerah

Jakarta – Upaya PT Pertamina (Persero) meningkatkan stok semua jenis bahan bakar minyak (BBM) hingga… Read More

2 hours ago

Bursa Asia Bergerak Mixed Hari Ini, Berikut Penyebabnya

Jakarta - Pada perdagangan hari ini, Senin, 30 September 2024, indeks-indeks bursa Asia bergerak mixed,… Read More

2 hours ago