Keuangan

Berpredikat ‘Sangat Bagus’, Buana Finance Borong Penghargaan di TOP 20 Financial Institution Award 2023

Jakarta – PT Buana Finance Tbk (BBLD) menorehkan prestasi gemilang dengan menyabet penghargaan TOP 20 Financial Institution Award 2023 versi majalah The Finance dengan kategori perusahaan pembiayaan beraset Rp5 triliun sampai dengan di bawah Rp10 triliun.

Selain itu, emiten multifinance ini juga berhasil meraih penghargaan sebagai “Best of The Best CFO” kategori perusahaan pembiayaan kepada Direktur Keuangan PT Buana Finance Mariana Setyadi.

Berdasarkan data yang dihimpun Infobank, PT Buana Finance berhasil meraih penghargaan satu ini karena mendapat predikat “sangat bagus” dengan nilai total 94,54.

Baca juga: Berpredikat ‘Sangat Bagus’ ACA Raih Top 20 Financial Institution 2023

Menariknya, penghargaan yang diterima ini turut menambah deretan penghargaan yang diterima PT Buana Finance di tahun yang sama dalam Rating Multifinance Award 2023 dari Majalah Infobank dengan predikat ‘sangat bagus’ dengan kategori Perusahaan Mutifinance beraset Rp1 sampai dengan di bawah Rp5 triliun.

Diketahui, gelaran Top 20 Financial Institution 2023 juga menghadirkan sejumlah acara dengan tema besar cyber security, diantaranya sesi keynote speaker dari Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae dengan tema “Peta Jalan Pengelolaan Kemanan Siber di Industri Keuangan” dan sharing remarks dari Direktur Keamanan Siber dan Sandi Keuangan, Perdagangan dan Pariwisata Badan Siber dan Sandi Negara, Edit Prima dengan tema “Cyber Crime: Potensi, Dampak, dan Mitigasinya di Industri Keuangan”.

Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto mengatakan, bahwa sektor jasa keuangan memegang peranan penting terhadap kemajuan perekonomian, sehingga apabila terdapat hal-hal yang berpotensi merugikan industri keuangan harus dimitigasi dengan baik.

“Tiga persoalan besar kita, yaitu rendahnya literasi dan inklusi sektor keuangan, rendahnya literasi digital, dan rendahnya literasi mengenai cyber crime. Hal tersebut akan kita terus dorong, agar literasi meningkat dengan cepat sehingga masyarakat terdidik dan bisa menggunakan instrumen keuangan secara maksimal,” ujar Eko.

The Finance menggelar “TOP 20 Financial Institution Awards 2023” sebagai bentuk apresiasi kepada lembaga keuangan yang berhasil bertahan, tumbuh sangat baik, dan besar dengan melihat pada pertumbuhan kinerja bank pada tiga periode terakhir dengan kinerja keuangan mulai tahun 2021, 2022 dan 2023.

Meliputi modal inti, kredit yang diberikan, dana pihak ketiga, dan laba tahun berjalan. Selain itu, penilaian juga menggunakan data peringkat profil manajemen risiko, peringkat nilai komposit GCG, aspek permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas dan aspek efisensi yang dilakukan Perseroan.

Baca juga: BSI Boyong Dua Penghargaan di Ajang Top 20 Financial Institution 2023

Lebih lanjut, The Finance juga memberi apresiasi khusus kepada figur Chief Financial Officer (CFO) terpilih yang dinilai memberi kontribusi besar terhadap kinerja keuangan perusahaan sehingga perusahaannya mampu tumbuh dan sustainable.

Dari sekian banyak CFO dari berbagai perusahan jasa keuangan yang dinilai terbaik oleh kajian “Top 20 Lembaga Keuangan 2023”, The Finance juga memberikan apresiasi sebagai “Top CFO Versi The Finance 2023” terbatas kepada 41 orang CFO terpilih.

Dalam menentukan CFO yang masuk dalam daftar Top CFO 2023 yang kemudian dikelompokkan berdasarkan sektor industri dan size perusahaan. (*)

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

21 mins ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

43 mins ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

2 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

2 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

2 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

3 hours ago