Perbankan

Berkinerja Apik, Bank Mandiri Sabet Titanium Trophy di Infobank Awards 2022

Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menunjukkan kualitasnya sebagai lembaga perbankan pada kelompok bank berdasarkan modal inti (KBMI) 4 atau bank bermodal inti Rp70 triliun ke atas. Di kelompok KBMI tersebut, Bank Mandiri memboyong Titanium Trophy dari penghargaan 27th Infobank Awards 2022, yang diadakan di Ballroom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2022.

Titanium Trophy adalah special trophy yang diberikan atas predikat “Sangat Bagus” selama 15 tahun berturut-turut, berdasarkan penilaian Rating 107 Bank Versi Infobank 2022 yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank (birI).

Riset penilaian kinerja dilakukan berdasarkan data laporan keuangan tahun penuh 2021 yang menerapkan lima tahapan besar dalam menentukan peringkat dan predikat.

Pertama, menentukan formula rating yang didasarkan pada perkembangan perbankan dan kebijakan regulator, serta pencapaian perbankan secara industri. Kedua, mengumpulkan laporan keuangan bank-bank, yang terdiri atas neraca dan rugi laba selama dua tahun, serta laporan GCG dan profil risikonya. Ketiga, memasukkan skor GCG dan profil risiko serta mengolah angka-angka dengan berbagai rasio dan pertumbuhan yang sudah ditetapkan. Tahap selanjutnya, BiRI mengelompokkan bank-bank sesuai dengan kelompok modal inti, mulai dari KMBI 4 sampai dengan 1. Dan tahapan terakhir, pemberian notasi akhir untuk memberikan predikat dan pemeringkatan setelah index nilai terkumpul.

Kriteria penilaian yang diterapkan Biro Riset Infobank hampir sama, bahkan lebih berat daripada kriteria yang digunakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bila penilaian kesehatan bank versi regulator hanya mengacu pada profil risiko, GCG, rentabilitas, dan permodalan, pada kesempatan ini Biro Riset Infobank menambah kriteria-kriteria lain seperti efisiensi dan pertumbuhan.

Bank Mandiri sendiri meraih penilaian sempurna pada aspek nilai komposit GCG, rentabilitas, dan efisiensi. Sedangkan untuk kriteria-kriteria lainnya, penilaian Bank Mandiri mendekati sempurna. Secara keseluruhan, Bank Mandiri menorehkan total skor 94,14% di rating tersebut, unggul atas tiga bank besar lainnya, Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Sebagai informasi, bank yang dipimpin Darmawan Junaidi selaku direktur utamanya itu, mencatatkan kinerja positif di hampir semua pos keuangannya. Penyaluran kredit Bank Mandiri tumbuh 8,76% secara tahunan atau menjadi Rp1,04 triliun di 2021.

Pertumbuhan kredit Bank Mandiri ini adalah yang tertinggi di antara bank-bank KBMI 4, juga melampaui pertumbuhan penyaluran kredit industri bank umum yang sebesar 4,92%. Lanjut ke pos simpanan masyarakat, dana pihak ketiga atau DPK Bank Mandiri tercatat tumbuh 12,80% secara tahunan atau menjadi Rp1,29 triliun. Pertumbuhan DPK ini juga di atas rata-rata industri yang hanya tercatat 12,21%.

Pertumbuhan DPK Bank Mandiri itu sekaligus adalah yang terbesar di antara 107 bank umum di Indonesia. Sementara itu, asetnya tumbuh 11,91% menjadi Rp1,72 triliun di 2021. Dengan semua pertumbuhan tersebut, Bank Mandiri menorehkan pertumbuhan laba bersih hingga 66,05% ke Rp30,55 triliun. (*) Steven Widjaja

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Akun Nasabah Bank of America Sempat Tak Bisa Diakses, Ditemukan 20.266 Layanan Akun Terhenti

Jakarta - Bank of America menyatakan bahwa masalah teknis yang membuat banyak konsumennya kesulitan mengakses… Read More

15 mins ago

Pertahanan 3 Lapis dalam Pengelolaan UMKM

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank SUMUT dan Pemerhati UMKM DI ZAMAN sekarang ini, banyak… Read More

45 mins ago

IHSG Rawan Terkoreksi, Intip 4 Rekomendasi Saham Berikut

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

1 hour ago

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

14 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

14 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

21 hours ago