Keuangan

Berkat Teknologi Ini Rupiah Emisi 2022 Diklaim Tak Akan Bisa Dipalsukan

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengklaim bahwa uang rupiah tahun emisi (TE) 2022 tidak bisa dipalsukan. Hal ini disebut karena uang rupiah TE 2022 memiliki tingkat keamanan teknologi yang berlapis sehingga tidak mudah untuk ditiru.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim mengatakan, pemalsuan uang di setiap negara selalu ada, tetapi bagaimana tingkat pemalsuan dan jumlahnya.

“Semua orang ingin memalsukan pasti, tapi dari sisi teknologi tidak akan pernah sama. Kita pernah ada laporan (pemalsuan uang rupiah) tapi belum masuk ke kita, cuma laporan biasa saja, setelah ditelusuri ternyata hanya sekadar di print laser aja,” kata Marlison, saat ditemui awak media, di Istora Senayan, Jumat 18 Agustus 2023.

Baca juga: Catat, Bos BI Perkenalkan 3 Alat Pembayaran yang Berlaku Saat Ini di Indonesia, Apa Saja?

Dia pun menjelaskan, BI memiliki tiga tingkat keamanan yang diaplikasikan pada uang rupiah TE 2022. Pertama, mengenal rupiah dari sisi kasat mata, yaitu 3D (dilihat, diraba, dan diterawang).

“Di level pertama saja yang untuk 3D, sangat mudah membedakan mana uang asli mana uang palsu belum level-level yang lain, kemarin kan ada sempat ada informasi yang warna melatinya itu mirip, itu nggak akan sama, karena melati kita pasti warna warni dan dia bergerak, nggak akan bisa, karena itu teknologi tinta dan teknologi cetaknya berbeda,” ungkapnya.

Kedua, dari sisi penggunaan uang, seperti di bank dan kasir itu telah dilengkapi sinar ultraviolet, dan terakhir adalah yang tertinggi namun hanya BI yang mengetahuinya.

“Temen-temen punya uang nih coba fotocopy warna segala macem itu ada teknologi yang terkini, yang kalau keluar tuh pasti warna hitam, karena di dalamnya kita sebuah teknolog tersembunyi yang kalau di fotocopy warna apapun dia tidak akan keluar warnanya,” imbuh Marlison.

Lebih lanjut, dia pun menyampaikan alasan mengapa uang rupiah TE 2022 tidak bisa dipalsukan, yaitu karena bahan kertas uang terbatas dan tintanya khusus yang tidak diperjualbelikan.

“Sehingga tidak akan bisa, belum lagi mesin cetak jadi tidak akan bisa dilakukan pemalusan,” katanya.

Baca juga: Masyarakat Diajak Buktikan Cinta Pahlawan di Mata Uang, Bos BI: Jangan Cuma Matanya ‘Ijo’

Sementara itu, temuan pemalsuan uang yang ada sebelumnya rata-rata sangat konvensional dengan menggunakan laser printer (pencetak laser) dengan kertas biasa.

“Pastilah kalau kita pegang pasti licin, kalau uang kertas asli walaupun sudah lusuh, dipegang masih kasar,” jelasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

2 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

3 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

3 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

3 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

4 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

5 hours ago