Ekonomi dan Bisnis

Berkat Pendampingan LPEI, UMKM Asal Bogor Ini Berhasil Ekspor ke Singapura hingga Australia

Jakarta – Salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Bogor bernama Jakarta Candle berhasil membawa aroma rempah kayu manis dari hiasan lilin produksinya tembus pasar global.

Hal ini tak terlepas dari ambisi memperkenalkan sentuhan lokal khas seperti kayu manis, kembang pekak, kopi hingga menarik minat pembeli mancanegara.

Pemilik Jakarta Candle Yulinah mengatakan, lilin hias buatannya telah menembus pasar Singapura dan Australia. Omzetnya pun tak main-main bisa menembus hingga Rp700 juta per tahun.

“Kalau omzetnya bisa sampai Rp700 juta per tahun. tidak hanya berasal dari pembeli di Indonesia tapi juga dari mancanegara,” katanya di FGD LPEI di kantor Maverick Indonesia Jakarta, Senin (19/2/2024).

Baca juga: Cara LPEI Dorong Produk Home Decor dan Kerupuk Jawa Timur Tembus Pasar Global

Ia mengatakan, salah satu produk favorit para pembeli adalah jenis taper, yakni lilin panjang berwarna dengan bagian ujungnya berbentuk kerucut.

Khusus untuk produk ekspor, dirinya mengirim lilin hias kayu manis dan beeswax. Bahkan, tak jarang banyak dari pembelinya yang sengaja membeli banyak untuk dijual kembali secara komersial alias jastip.

Dukungan LPEI

Kesuksesan yang diraih Jakarta Candle di pasar global tak terlepas dari peran Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Hal ini dimulai pada 2018 silam saat dirinya mengikuti Coaching Program for New Esporters (CPNE). Program tersebut memberikan pelatihan serta pendampingan khusus bagi rintisan eksportir anyar yang dilakukan oleh LPEI.

Selama 1 tahun, LPEI akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para para pelaku UMKM supaya bisa meningkatkan kemampuan sebagai pelaku usaha untuk mengekspor produk ke mancanegara. 

“LPEI sangat berjasa bagi Jakarta Candle hingga bisa berkiprah di mancanegara,” tambahnya.

Baca juga: Dukung Ekspor Gerbong Kereta, LPEI Suntik Pembiayaan ke INKA

Selain itu, Yulianah juga bergabung dalam program “Marketing Hand Holding”. Ini merupakan program dari Jasa Konsultasi LPEI yang turut memberi pendampingan bagi para pelaku UMKM berorientasi ekspor dalam memasarkan produknya melalui marketplace global.

“LPEI turut memberikan pendampingan tentang bagaimana memasarkan produk kami ke media sosial dengan maksimal seperti YouTube, TikTok hingga Instagram,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

7 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

8 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

8 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

9 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

9 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

10 hours ago