Selama Satu Dekade BRI Insurance Raih Predikat “Sangat Bagus”

Selama Satu Dekade BRI Insurance Raih Predikat “Sangat Bagus”

Jakarta – BRI Insurance menjadi salah satu perusahaan asuransi umum di tanah air yang konsisten menjulang berprestasi hingga satu dekade lamanya. Hal ini dibuktikan dengan pencapaiannya dalam ajang “Infobank  Insurance Awards 2020”.

Dalam ajang tersebut, BRI Insurance berhasil meraih “Platinum Trophy” salah satu penghargaan tertinggi dalam ajang yang rutin digelar oleh Majalah Infobank setiap tahunnya. Trophy ini diberikan kepada BRI Insurance yang telah berhasil meraih predikat “Sangat Bagus” selama 10 tahun berturut-turut (2010 – 2019).

Selain itu, perusahaan asuransi umum yang dipimpin oleh Fankar Umran sebagai direktur utama ini juga meraih penghargaan tahunan sebagai perusahaan asuransi umum berpredikat “Sangat Bagus” dengan total nilai 92,58% di kategori Perusahaan Asuransi Umum Berpremi Bruto Rp1 Triliun sampai dengan dibawah Rp2,5 Triliun.

Sebagai informasi, sebanyak 46 perusahaan asuransi berhasil meraih penghargaan “Infobank Insurance Awards 2020” dari Majalah Infobank. Penghargaan diberikan kepada perusahaan-perusahaan asuransi yang berhasil mencatatkan kinerja terbaik sepanjang tahun 2019.

Ke-46 perusahaan asuransi peraih penghargaan tersebut terdiri dari 14 perusahaan asuransi jiwa dan 32 perusahaan asuransi umum. Penghargaan tahunan yang memasuki tahun ke-21 ini diberikan secara virtual pada ajang “Infobank 21st Insurance Awards 2020” di Jakarta, pada Senin, 24 Agustus 2020 lalu.

Penghargaan diberikan berdasarkan hasil kajian Biro Riset Infobank bertajuk “Rating 105 Asuransi Versi Infobank 2020”. Rating didasarkan pada kinerja perusahaan asuransi (audited) dua tahun terakhir, yakni tahun 2018 dan 2019.

Dalam rating asuransi ini, Biro Riset Infobank mengelompokkan asuransi jiwa dan asuransi umum berdasarkan pendekatan premi bruto.

Adapun rasio-rasio yang digunakan dalam rating ini yakni rasio kecukupan modal (risk based capital/RBC), likuiditas, aset, kecukupan investasi, pertumbuhan premi bruto, pertumbuhan modal sendiri, premi bruto dibanding rata-rata modal sendiri, perimbangan hasil investasi dengan pendapatan premi neto, beban dibanding pendapatan premi neto, laba/rugi, premi retensi sendiri dibanding modal sendiri, dan hasil underwriting dibanding premi neto.

Berdasarkan penilaian sejumlah rasio keuangan tersebut, perusahaan asuransi yang berhasil meraih total nilai di 81% ke atas mendapat predikat “Sangat Bagus”. Perusahaan peraih predikat “Sangat Bagus” inilah yang dianugerahi penghargaan oleh Infobank. (*) Ayu Utami)

One Response to "Selama Satu Dekade BRI Insurance Raih Predikat “Sangat Bagus”"

Leave a Reply

Your email address will not be published.