Koinworks Akselerasi Pembiayaan Modal Kerja Bagi UMKM 

Koinworks Akselerasi Pembiayaan Modal Kerja Bagi UMKM 

Jakarta  – Koinworks, perusahaan financial technology (fintech) yang bergerak di sektor peer to peer (P2P) lending terus mengakselerasi pembiayaan untuk sektor UMKM untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi. Di tengah pandemi Covid-19, Koinworks mencatatkan peningkatan permintaan hingga 30%.

Pandemi Covid-19 memang membuat banyak UMKM tertekan, bahkan banyak yang harus menutup bisnisnya atau berhenti produksi. Namun ada beberapa sektor UMKM yang justru mengalami kenaikan signifikan, contohnya sektor food and beverage (FnB) seperti frozen food dan industri fashion.

“Mulai Maret hingga sekarang, kita lihat memang banyak UMKM yang mengalami kesulitan, terutama yang mengandalkan lalu lintas orang banyak. Tapi di sisi lain, banyak juga UMKM yang tumbuh. Misalnya UMKM yang berjualan di platform digital atau e-commerce, mereka mengalami peningkatan permintaan. Mereka tentu butuh modal kerja untuk memenuhi permintaan tinggi, di sinilah kita bisa masuk. Kuartal II 2020 kami mengalami kenaikan permintaan hingga 30%,” Chief Operation Officer Koinworks Bernard Arifin dalam webinar yang gelar di Jakarta, Rabu, 15 Juli 2020.

Pada semester I 2020, Koinworks mencatatkan kenaikan pinjaman produktif sebesar 15% yoy. Sedangkan rasio kredit bermasalah (NPL) terjaga di level 1%. Adapun dari sisi pengguna (user) meningkat 41% menjadi 519.000 orang. Hingga akhir tahun ini, Koinworks menargetkan 1 juta pengguna.

“Melihat pencapaian tersebut kami yakin bisa mencapai target tahun ini. Dan untuk memacu kinerja kami juga mulai melakukan kerjasama dengan beberapa pemerintah provinsi (pemprov), di mana kami berupaya memberikan pinjaman modal kerja ke UMKM binaan mereka. Kita harus menghadapi pandemi ini dengan bergandengan tangan,” ucap Bernard. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News