Pemerintah Klaim Lewati Tantangan di 2015 Dengan Baik

Pemerintah Klaim Lewati Tantangan di 2015 Dengan Baik

Jakarta–Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menilai, kendati perekonomian nasional dihadapkan oleh ketidakpastian global di sepanjang 2015, namun perekonomian Indonesia dianggap mampu lewati tantangan tersebut.

“Kami baru saja menyelesaikan 2015, dan anda tahu semua 2015 menjadi tahun menantang bagi Indonesia. Dan banyak ekonomi negara maju yang mengalami situasi yang sama,” ujar Bambang, di Jakarta, Rabu, 27 Januari 2016.

Menurutnya, beberapa negara maju yang mengalami tekanan akibat perlambatan ekonomi dunia adalah Eropa dan Jepang. Sementara itu, negara lain juga memerlukan pertumbuhan ekonomi Indonesia seperti halnya Tiongkok dan India.

Di sisi lain, pasar komoditas global juga mengalami perubahan yang kemudian berdampak kepada Indonesia yang mengandalkan ekspor komoditas. Namun perekonomian Indonesia menunjukan respon positif didukung oleh tingkat konsumsi di tengah kondisi ekonomi makro yang lemah.

“Konsumsi pemerintah meningkat dengan belanja modal yang kuat untuk infrastruktur. Walaupun ada perlambatan di sektor lain, tapi pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap sehat. Ini bisa mendukung ekonomi dari berbasis sumber daya alam menuju manufaktur,” tukasnya.

Menurutnya, paket kebijakan yang sudah dikeluarkan pemerintah, telah memberikan dampak positif dalam menstabilkan harga serta memperbaiki infrastruktur. Kedelapan paket yang dikeluarkan pemerintah juga membawa dampak baik bagi iklim investasi di Indonesia.

“Paket kebijakan untuk stabilkan harga dan perbaikan dalam infrastruktur, logistik, itu cukup efektif. Dan perbaikan dalam lingkungan kebijakan juga membawa dampak baik terhadap investasi walaupun ada ketidakpastian global,” tutupnya. (*) Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.