Pandemi Mengubah Kebiasaan Pengusaha Dalam Berbisnis

Pandemi Mengubah Kebiasaan Pengusaha Dalam Berbisnis

Jakarta – Pandemi Covid-19 tak hanya mengubah kebiasaan konsumen dalam bertransaksi, tetapi juga kebiasaan pengusaha dalam berbisnis. Muliandy Nasution, Investment Senator World Business Angels Investment Forum (WBAF) G-20 mengungkapkan, saat ini para pengusaha dituntut untuk lebih kreatif dan adaptif untuk mempertahankan bisnisnya.

“Jadi pada pandemi ini, pengusaha bukannya tidak bertahan, tetapi akan melakukan pergeseran usaha, pivoting. Selain pergeseran usaha, cara pengusaha memasarkan bisnisnya dan target konsumennya juga ikut berubah,” ujar Muliandy Nasution melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa, 3 November 2020.

Namun demikian, dirinya masih optimis akan potensi Indonesia di kancah Internasional. Menurutnya, Indonesia masih memiliki pasar domestik yang cukup besar, sehingga Indonesia masih menjadi negara yang menarik bagi investor untuk berinvestasi.

“Kalau dari segi ekonomi dan investasi, saya melihat Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara lain. Mengapa? karena kita punya market yang besar, tingkat konsumsinya masih tinggi,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, bahwa konsumsi masyarakat yang tinggi akan membantu bisnis pengusaha kembali berputar dan perekonomian pulih. Dengan begitu, penanganan Covid-19 akan lebih cepat. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.