News Update

Berikut Tips Aman Dari Serangan Siber Selama Dirumahaja

Jakarta – Akses internet meningkat cukup tajam setelah diterapkannya kebijakan bekerja dari rumah akibat Virus Covid 19. Meskipun lebih praktis, para pekerja dari rumah tak lepas dan semakin rentan akan serangan siber seperti pencurian data dan ransomware.

Lalu, bagaimana cara agar dapat terhindar dari serangan siber semacam ini? Berikut ulasannya. 

1. Perbaharui antivirus

Pertama, perbaharuilah antivirus untuk memperkuat komputer anda. Layaknya imun tubuh, antivirus akan mencegah file-file berbahaya yang dapat merusak data anda. Oleh karena itu penting bagi anda untuk selalu memperbaharui antivirus.

2. Perkuat password

Kedua, aktifkan Two Factor Authentication agar setiap akun-akun pribadi anda aman. Dengan dua lapis kata sandi, maka akun anda akan semakin sulit untuk dibobol. Agar semakin efisien, anda dapat menggunakan aplikasi Password Manager untuk mengingat setiap password akun pribadi anda.

3. Hindari penggunaan Wi-Fi publik

Ketiga, hindari menggunakan Wi-Fi publik. Jaringan yang digunakan oleh banyak orang sangat rentan untuk diserang oleh oknum tak bertanggung jawab. Sebisa mungkin gunakanlah jaringan pribadi agar arus akses internet anda semakin aman.

4. Pisahkan komputer kerja dan pribadi

Keempat jika memungkinkan, gunakan komputer yang berbeda untuk bekerja dan pribadi. Dengan komputer yang berbeda, anda dapat menghindari risiko data berharga yang hilang. 

Komputer untuk bekerja tentu secara teknis akan lebih terjaga karena sudah dilengkapi dengan pengamanan yang diperlukan. Pengamanan tersebut contohnya seperti software asli, update software yang teratur, dan program pengaman esensial seperti antivirus, firewall dan drive yang terenkripsi.

5. Miliki asuransi harta benda

Kemudian jika anda bekerja dari rumah, laptop, komputer, dan handphone kesayangan tentu harus selalu berfungsi optimal. Agar semakin aman, lengkapi gawai anda dengan asuransi harta benda. Tak perlu bingung, anda dapat memilih Asuransi Tugu sebagai asuransi pilihan terpercaya untuk gawai. Dengan pengalaman selama lebih dari 38 tahun, Asuransi Tugu sudah berpengalaman dalam dunia asuransi.

Asuransi tugu memiliki produk asuransi kerusakan harta benda. Polis asuransi ini akan memberikan ganti rugi terhadap kerugian atau kerusakan harta benda anda yang disebabkan oleh kecelakaan yang terjadi secara tidak terduga selama berada di suatu lokasi atau saat bepergian di luar tempat.

Dengan asuransi kerusakan harta benda, kerja dari rumah anda akan semakin nyaman dan aman. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki polis asuransi kerusakan harta benda dari Asuransi Tugu. (*) Evan Yulian Philaret

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Pinhome Buka Jalan di Pasar Properti IKN, Berikut Sasarannya

Jakarta - Ibu Kota Nusantara (IKN) kini menjadi salah satu pusat perhatian. Pembangunan yang terus… Read More

4 mins ago

Penurunan Suku Bunga Diprediksi Berdampak Positif bagi KPR

Jakarta - Tren penurunan suku bunga yang terjadi akhir-akhir ini disambut baik oleh berbagai kalangan,… Read More

55 mins ago

Moratorium Fintech Lending Belum Dibuka, Begini Tanggapan AFTECH

Jakarta - Sejak awal 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan moratorium atau penutupan perizinan untuk… Read More

57 mins ago

Istana Pastikan Jokowi Hadir di Acara Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta - Istana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai… Read More

3 hours ago

BTN Sabet Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu memegang piala Annual Report Award (ARA) 2023 yang diraih… Read More

3 hours ago

Jokowi: Hilirisasi dan Digitalisasi jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi RI

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, sikap optimisme diperlukan dalam rangka mencapai target peningkatan… Read More

4 hours ago