Internasional

Berikut Deretan Gempa Bumi Dahsyat Melanda Jepang dalam 30 Tahun Terakhir

Jakarta – Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,6 magnitudo melanda Jepang pada Senin (1/1) sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Peristiwa tersebut menewaskan enam orang, menghancurkan bangunan dan memutus aliran listrik ke puluhan ribu rumah.

Sebagaimana diketahui, Jepang yang terletak di jalur “Cincin Api” gunung berapi dan palung samudera yang sebagian mengelilingi Cekungan Pasifik, negeri ini menyumbang sekitar 20% gempa bumi berkekuatan 6 atau lebih besar di dunia.

Dan juga setiap tahun mengalami hingga 2.000 gempa yang dapat dirasakan oleh 2.000 warga sipil Jepang.

Baca juga: Ternyata Ini Rahasia Konstruksi Bangunan di Jepang Bisa Tahan Gempa

Dinukil laman Reuters, Selasa (2/1), dibawah ini beberapa gempa besar di Jepang dalam 30 tahun terakhir:

1. Pada 16 Januari 1995, gempa bumi berkekuatan 7,3 melanda Jepang tengah, menghancurkan kota pelabuhan bagian barat Kobe. Gempa bumi terburuk yang melanda negara ini dalam 30 tahun terakhir menewaskan lebih dari 6.400 orang dan menyebabkan kerugian sekitar USD100 miliar.

2. Pada 23 Oktober 2004, gempa berkekuatan 6,8 skala Richter melanda wilayah Niigata, sekitar 250 km (150 mil) utara Tokyo, menewaskan 65 orang dan melukai 3.000 orang.

3. Pada 11 Maret 2011, gempa bumi berkekuatan 9,0 skala Richter dan tsunami melanda timur laut Jepang, menewaskan hampir 20.000 orang dan menyebabkan kehancuran di Fukushima, yang menyebabkan bencana nuklir terburuk di dunia sejak Chernobyl.

4. Pada 16 April 2016, gempa bumi berkekuatan 7,3 melanda Kumamoto di pulau selatan Jepang, menewaskan lebih dari 220 orang.

5. Pada 18 Juni 2018, gempa bumi berkekuatan 6,1 skala richter di Osaka, kota metropolitan terbesar kedua di Jepang, menewaskan empat orang, melukai ratusan lainnya, dan menghentikan jalur pabrik di kawasan industri.

Baca juga: Krisis Tenaga Kerja, Jepang Buka Lowongan Besar-Besaran untuk TKA

6. Pada 6 September 2018, gempa bumi berkekuatan 6,7 skala Richter melumpuhkan pulau Hokkaido di bagian utara Jepang, menewaskan sedikitnya tujuh orang, memicu tanah longsor dan memutus aliran listrik ke 5,3 juta penduduknya.

7. Pada 13 Februari 2021, gempa berkekuatan 7,3 skala Richter melanda pantai Fukushima di Jepang timur, melukai puluhan orang dan memicu pemadaman listrik secara luas.

8. Pada 16 Maret 2022, gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter kembali mengguncang pantai Fukushima, menyebabkan dua orang tewas dan 94 orang terluka serta menghidupkan kembali kenangan akan gempa dan tsunami yang melumpuhkan wilayah yang sama lebih dari satu dekade sebelumnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

5 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

6 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

6 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

7 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

8 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

8 hours ago