Ekonomi dan Bisnis

Berhasil Terapkan Energi Berkelanjutan, Star Energy Geothermal Raih Apresiasi dari KLHK

Jakarta – PT Barito Renewables Energy, Tbk (BREN) bersama anak usahanya yakni Star Energy Geothermal terus berkomitmen untuk senantiasa menjadi mitra para pemangku kepentingan demi masa depan energi yang berkelanjutan. Hal ini sebagai upaya dalam mendukung upaya pemerintah untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Adapun pencapaian Star Energy Geothermal Salak, Ltd dalam efisiensi energi untuk masa depan yang berkelanjutan yaitu dengan aplikasi dari Brine Outfield Injection yang berhasil menghemat energi sebesar 6.110 GJ.

Baca juga: Cara Cek Penerima dan Pencairan BLT El Nino Rp400 Ribu, Klik Linknya di Sini!

Selain itu unit pembangkit Salak ini juga menjaga agar tidak timbul emisi dengan menghilangkan konsentrasi H2S dan menjaga keselamatan kerja dan melindungi lingkungan dari gas beracun H2S. Unit Salak ini juga berhasil dalam aspek efisiensi air dengan melakukan pemanfaatan air sisa pada pembuatan air destil sehingga tidak ada lagi air layak pakai terbuang. Efisiensi air ini berhasil menghemat penggunaan air sebesar 422,4 m3.

“Kami percaya, kegiatan operasi panas bumi, upaya-upaya pelestarian lingkungan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat berjalan secara selaras,” ujar Corporate Secretary Barito Renewables, Merly dalam keterangannya seperti dikutip 21 Desember 2023.

Atas pencapaian perusahaan dalam efisiensi energi, anak usaha Barito Renewables ini pun mendapatkan penghargaan PROPER Emas dan Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan PROPER emas diberikan kepada Star Energy Geothermal Darajat II, Limited. Penghargaan PROPER Hijau diberikan kepada Star Energy Geothermal Salak, Ltd. dan Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Limited. 

Baca juga: Target Bauran Energi Terbarukan Dalam Draft CIPP Dinilai Ambisius

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas penghargaan PROPER Emas untuk anak usaha Barito Renewables yaitu Star Energy Geothermal Darajat II, Limited dan penghargaan PROPER Hijau untuk Star Energy Geothermal Salak, Ltd. dan Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Limited. Pencapaian ini merupakan bukti kesungguhan Barito Renewables dan Star Energy Geothermal Group dalam menjalankan operasi yang selamat,” ungkap Merly.

Merly menambahkan, PROPER Emas untuk Star Energy Darajat II, Limited diberikan atas capaian-capaian PROPER Hijau untuk Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd  atas capaian capaian perusahaan dalam efisiensi energi dengan inovasi metode penambahan oli pada peralatan Utama pembangkit yang berhasil menurunkan pemakaian energi sebesar 886 MWh. Selain itu, unit Wayang Windy juga mendapatkan apresiasi terhadap metode pengelolaan limbah dan pengurangan emisi. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Dari Gelar Doktor Kehormatan hingga Waketum Kadin, Segini Harta Kekayaan Raffi Ahmad

Jakarta – Nama Raffi Ahmad (37), belakangan menjadi perbincangan publik. Bukan karena prestasi di dunia showbiz yang… Read More

47 mins ago

Pembiayaan Emas BCA Syariah Makin Populer, Melonjak 210,8 Persen pada Agustus 2024

Jakarta - Emas atau logam mulia menjadi instrumen investasi tak lekang oleh waktu. Nilainya yang… Read More

1 hour ago

315 Saham Hijau, IHSG Ditutup Menguat 0,11 Persen

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Senin, 7 Oktober 2024, ditutup… Read More

2 hours ago

Raffi Ahmad Ditunjuk jadi Waketum Kadin Versi Anindya Bakrie

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia secara resmi menunjuk Raffi Ahmad sebagai Wakil… Read More

2 hours ago

Lembaga Manajemen Aset Negara Bukukan PNBP Rp3,2 Triliun hingga Oktober

Jakarta – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) berhasil membukukan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp3,2 triliun… Read More

3 hours ago

2 Perusahaan Ini Bakal Melantai di BEI Besok, Cek Rinciannya

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada esok hari, Selasa, 8 Oktober 2024, bakal… Read More

3 hours ago