Perbankan

Berencana Bikin Bank Syariah, PP Muhammadiyah: Kita Fokus Benahi BPRS

Jakarta – Organisasi Islam Muhammadiyah dikabarkan akan membuat bank syariah besar usai Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengalihkan dana simpanan dan pembiayaan dari PT Bank Syariah Indonesia (BSI).

Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas menyebutkan bahwa rencana tersebut memang sudah ada. Meski demikian, belum pasti kapan akan dilaksanakan, sebab masih terdapat banyak pertimbangan untuk mengimplementasikannya.

Anwar mengungkapkan saat ini pihaknya tengah fokus untuk membenahi Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRS) milik Muhammadiyah dengan jumlah lebih dari 10 bank.

“Kan kita banyak punya BPRS ya. Ya cukup banyak, dari 10 ya. Mungkin mendekati 20. Jadi kita benahi, kita tata. Dan nanti kita harapkan disinergikan. Sehingga bisa menjadi sebuah bank umum syariah. Tapi belum ya, ini masih panjang kok, ya rencana sudah sejak 20 tahun yang lalu” ujar Anwar kepada Wartawan di Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2024.

Baca juga: Simak! Tantangan dan Peluang Penerapan AI di Sektor Perbankan

Anwar menambahkan Muhammadiyah ingin berpartisipasi dalam memajukan perbankan syariah di Tanah Air. Oleh karena itu, pihaknya berupaya untuk mendorong kompetisi di antara perbankan syariah berjalan positif.

“Kalau hari ini kita akan melihat terlalu dominan satu bank. Itu biasanya monopolistik ya. Sehingga satu yang monopolistik itu kurang baik. Nanti kita coba dorong yang lain-lain (bank syariah) supaya juga naik. Sehingga pricing-nya, dalam pembiayaan dan juga pendanaan bisa kompetitif,” imbuhnya. (*)

Editor: Yulian Saputra

Irawati

Recent Posts

Gegara Ini, TikTok Mau PHK Ratusan Karyawan Global

Jakarta - Platform media sosial TikTok memangkas ratusan karyawan secara globalnya, termasuk sebagian besar stafnya… Read More

14 mins ago

OJK Sebut Pentingnya Sinergi dan Kolaborasi untuk Pengembangan Ekonomi Syariah

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan… Read More

18 mins ago

PP Muhammadiyah Blak-blakan Soal Rencana Masuk ke BTN Syariah

Jakarta – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah buka suara soal wacana kerja sama dengan Unit Usaha Syariah (UUS) PT… Read More

23 mins ago

Jumlah Investor Saham RI Tembus 14 Juta, BEI Ungkap Strateginya

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan bangga mengumumkan pencapaian terbarunya terkait jumlah investor… Read More

25 mins ago

BCA dan Batavia Prosperindo AM Luncurkan Reksa Dana Saham Syariah BISEU

Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA pada hari ini, Jumat, 11… Read More

41 mins ago

Ini Alasan Jokowi Minta Produksi Lifting Minyak Ditingkatkan

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk… Read More

46 mins ago