Market Update

Berbalik Arah, IHSG Dibuka Naik 0,24 Persen ke Level 7.264

Jakarta – Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (6/3) indeks harga saham gabungan (IHSG) berbalik dibuka pada zona hijau ke level 7.264,92 atau menguat 0,24 persen dari level 7.247,59.

Berdasarkan statistik RTI Business pada perdagangan IHSG hari ini, sebanyak 350,52 juta saham diperdagangkan, dengan frekuensi perpindahan tangan sebanyak 23 ribu kali, serta total nilai transaksi tercatat mencapai Rp291,53 miliar.

Kemudian, tercatat terdapat 105 saham terkoreksi, sebanyak 139 saham menguat dan sebanyak 242 saham tetap tidak berubah.

Baca juga: IHSG Diprediksi Bakal Melemah, Cek 4 Rekomendasi Saham Berikut

Sebelumnya, Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, melihat bahwa IHSG secara teknikal hari ini akan bergerak mixed dan menguat dalam rentang 7.200 hingga 7.290.

“Pada perdagangan Selasa (5/3), IHSG ditutup turun 0,40 persen atau minus 29,28 poin di level 7.247. IHSG hari ini (6/3) diprediksi bergerak mixed dan menguat dalam range 7.200-7.290,” ucap Ratih dalam risetnya di Jakarta, 6 Maret 2024.

Dengan pelemahan tersebut, artinya IHSG kembali mengalami koreksi dalam empat hari beruntun dengan total penurunan 1,11 persen.

Pelemahan IHSG juga sejalan dengan aksi profit taking investor asing di pasar ekuitas domestik sebesar Rp765,0 miliar pada Selasa (5/3) dan pelaku pasar masih menantikan data tenaga kerja Amerika Serikat yang akan rilis akhir pekan.

Adapun sentimen yang memengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain, terkait dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menyatakan optimis kinerja perbankan nasional bakal tumbuh positif.

Baca juga: Harga Saham Emiten Afiliasi Kaesang Pangarep PMMP Naik Usai Umumkan Private Placement

Hal itu terlihat dari pertumbuhan kredit mencapai 11,83 persen yoy dan Net Interest Margin (NIM) tercatat 4,54 persen di Januari 2024.

Sementara rasio permodalan, Capital Adequacy Ratio (CAR) tetap tinggi sebesar 27,54 persen yang memungkinkan risiko kerugian bank dapat terkendali. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

5 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

5 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

6 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

6 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

7 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

8 hours ago