Market Update

Belum ‘Move On’, IHSG Dibuka Terkoreksi 0,19%

Jakarta – Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (5/6) indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali dibuka bertahan di zona merah pada level 6620,46 atau melemah 0,19% dari dibuka pada level 6633,25 di awal perdagangan hari ini.

Berdasarkan statistik RTI Business pada perdagangan hari ini, sebanyak 2,43 miliar saham diperdagangkan, dengan frekuensi perpindahan tangan sebanyak 37 ribu kali, serta total nilai transaksi tercatat mencapai Rp1,3 triliun.

Kemudian, tercatat terdapat 148 saham terkoreksi, sebanyak 166 saham menguat dan sebanyak 266 saham tetap tidak berubah.

Sebelumnya, Philip Sekuritas Indonesia melihat IHSG secara teknikal akan bergerak bullish moderate dengan level support 6.560 dan level resistance 6.720 pada hari ini.

Dari sisi mancanegara, indeks utama Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Jumat lalu (2/6) dengan pasar menyambut pengesahan RUU plafon utang oleh Kongres Amerika Serikat (AS).

“Secara kumulatif selama sepekan, S&P 500 naik 1,82%, DJIA naik 2,02% dan Nasdaq naik 2,04%,” tulis manajemen dalam risetnya di Jakarta, 5 Juni 2023.

Selain itu, penguatan Wall Street juga ditopang oleh data pekerjaan AS. Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa ekonomi AS menambahkan 339.000 lapangan kerja pada bulan Mei, lebih baik dari ekspektasi pasar 190.000 lapangan kerja.

Kemudian, tingkat pengangguran naik ke level tertinggi dalam tujuh bulan menjadi 3,7%, di mana rata-rata penghasilan per jam naik 0,3% setelah meningkat 0,4% pada bulan April.

Adapun, perilisan data pekerjaan AS menimbulkan optimisme bahwa the Fed tidak akan menaikkan suku bunga pada pertemuan 13-14 Juni mendatang. Ini akan menjadi penghentian pertama sejak the Fed memulai pengetatan kebijakan anti-inflasi yang agresif lebih dari setahun yang lalu. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

11 mins ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta setelah Setahun Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

1 hour ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

2 hours ago

Menko Airlangga Pede IHSG Tembus 8.000 di Tahun Ini

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis Indeks Harga Gabungan Saham (IHSG) akan… Read More

2 hours ago

Tunjangan Kinerja Pegawai Kemenko Perekonomian dan Kemenhub Disetujui Naik

Jakarta – Tunjangan kinerja (tukin) untuk pegawai Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan naik 100 persen.… Read More

2 hours ago

BEI Bidik 100 Pengguna Jasa Karbon di Akhir 2024

Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) menambahkan jumlah pengguna jasa karbon pada akhir tahun 2024.… Read More

3 hours ago