Netizen 62

Belanja Online, Allo Fresh Kirim Produk Kadaluwarsa

Jakarta – Belanja daring/online memang memberi banyak kemudahan. Salah satunya, pembeli tidak perlu membeli kebutuhan pokok ke toko swalayan. Cukup melakukan check out dan pesanan akan diantar oleh kurir.

Sayangnya, kemudahan yang ditawarkan tersebut membuat pembeli tak dapat mengecek secara langsung kondisi barang yang dijual seperti masa kadaluarsa.

Seperti yang dialami oleh Muhamad Izazad, warga Medan, Sumatera Utara saat membeli daging kadaluarsa di platform belanja daring di Tanah Air. Seperti apa kisahnya ? Berikut kami posting ulang melansir laman mediakonsumen, Senin (16/10).

Baca juga: Surat ‘Cinta’ untuk Super Air Jet

Terima kasih atas dimuatnya surat keluhan saya ini.

Kejadian berawal pada tanggal 4 Oktober 2023 yang lalu, saya melakukan pesanan barang melalui aplikasi Allo Fresh, salah satunya adalah Es Krim Diamond Ogura 700 Gr untuk cucu saya yang masih balita. Saya berada di kota yang berbeda dengan lokasi pesanan barang yang berada di Kota Medan.

Beberapa hari kemudian, saya mendapatkan kiriman WhatsApp dari ibunya bahwa Es Krim tersebut sudah kedaluwarsa sejak 27 Agustus 2023. Saya benar-benar kaget, karena memang sebelumnya saya sudah sering pesan Es Krim dan beberapa produk makanan lain melalui Allo Fresh.

Karena saya yakin barang-barang Allo Fresh yang langsung diambil dari Transmart, tidak mungkin ada yang kedaluwarsa, karena sudah melalui beberapa tahapan hingga sampai ke tangan konsumen. Namun kali ini saya kecolongan.

Saya langsung mengirim email ke Allo Fresh untuk memberitahukan kejadian tersebut. Kemudian saya mendapatkan balasan bahwa pihak Allo Fresh meminta barang dalam kemasan dan kondisi utuh karena mungkin prosedur atau ketidakpercayaan akan hal tersebut. 

Lalu saya membalas dengan memberitahukan bahwa kondisi Es Krim sudah dimakan, tetapi saya kembali mendapat jawaban yang sama.

Setelah 2 hari kemudian, saya tiba-tiba mendapatkan email lagi dari Allo Fresh yang memberikan saya voucher potongan harga 20% maksimal Rp30.000 (tiga puluh ribu rupiah) dengan berbelanja Rp150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah). Serta “pengakuan secara tidak langsung” telah menjual Es Krim yang kedaluwarsa.

Di sini saya sedikit geram, tetapi juga lucu. Mereka memberikan voucher, tetapi juga meminta untuk berbelanja dengan nominal tertentu yang harganya berkali-kali lipat dari harga Es Krim tersebut, tanpa memikirkan efek samping memakan Es Krim yang sudah kedaluwarsa bagi anak kecil. 

Baca juga: Tenor Kredit Sudah Lunas, Tapi Masih Ditagih Aplikasi Paylater Kredivo

Mungkin efek samping tersebut tidak langsung muncul sekarang, tapi apakah ke depannya tidak berdampak pada tubuhnya?

Bagi para konsumen yang akan melakukan pembelian barang melalui Allo Fresh, apalagi produk yang memiliki masa kedaluwarsa, sebaiknya diperhatikan dengan baik. Karena kita tidak tahu dari ribuan produk yang tidak dicek masa kedaluwarsanya masih dijual.

Apakah ini kesalahan yang tidak disengaja atau malah disengaja karena kita melakukan pesanan secara online dan tidak langsung memilih barang? Hanya Allo Fresh dan Tuhan yang tahu.

Muhammad Izazad
Medan, Sumatera Utara

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

7 hours ago

Lewat Cara Ini, Bank Sampoerna Perkuat Literasi Keuangan Gen Z

Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggelar event literasi keuangan bertajuk “Sampoerna High… Read More

8 hours ago

32.055 Tiket Maroon 5 Live in Jakarta Ludes Terjual di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Official Banking Partner konser Maroon 5 di Jakarta, Bank Mandiri berhasil melayani penjualan… Read More

9 hours ago

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan pertumbuhan total jumlah nasabah sebesar… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Apresiasi Nasabah dengan XTRA XPO 2024

Pengunjung tengah memadati acara CIMB Niaga XTRA XPO, yg digelar di Jakarta. Direktur Consumer Banking… Read More

1 day ago