Pasar Modal

BEI Segera Bangun Sistem Transaksi Efek

Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku akan membangun sistem teknologi informasi (IT) perdagangan efek yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh Anggota Bursa (AB). Sehingga, dengan adanya penerapan sistem ini diyakini akan meningkatkan efisiensi operasional Anggota Bursa untuk ke depannya.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono Widodo mengatakan, penerapan sistem IT tersebut merupakan bagian dari program kerja Bursa terkait penguatan Anggota Bursa. “Kami akan memformulasikan cara-cara dalam IT sharing cost,” ujarnya di Jakarta, Rabu, 4 Juli 2018.

Dirinya menambahkan, bahwa pihaknya saat ini tengah merencanakan untuk menyediakan sistem IT perdagangan yang mendapatkan subsidi dari operator Bursa dan bisa dimanfaatkan oleh Anggota Bursa. Sehingga dengan demikian, kata Laksono, sistem ini bisa menekan biaya operasional Anggota Bursa.

Lebih lanjut Laksono mengatakan, sistem IT perdagangan online tersebut mampu membuka peluang bagi Anggota Bursa untuk mencaatatkan laba. “Masih banyak Anggota Bursa yang IT-nya sudah canggih, tetapi banyak juga yang tertinggal oleh perkembangan IT,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, dari 105 Anggota Bursa yang aktif melakukan kegiatan perantara perdagangan efek, ada 62 Anggota Bursa telah memberikan layanan online trading, sebanyak sepuluh Anggota Bursa memberikan layanan Direct Market Acces (DMA) atau semi online trading bagi nasabah asing.

Sementara itu, ada 20 Anggota Bursa memberikan layanan DMA yang hanya menyasar nasabah institusi asing. Namun, sejauh ini masih terdapat 16 Anggota Bursa yang tidak memberikan layanan online trading.

Berdasarkan laporan keuangan 2016 yang telah diaudit, terdapat 74 Anggota Bursa yang mencatatkan laba bersih dan ada 31 Anggota Bursa yang merugi. Pada Semester II-2017, ada 76 Anggota Bursa yang mencatatkan peningkatan laba bersih dan terdapat 25 Anggota Bursa yang merugi. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Deflasi 5 Bulan Beruntun Tak Bikin Pemerintah Resah, Ini Alasannya

Jakarta – Perekonomian Tanah Air mengalami deflasi selama 5 bulan berturut-turut atau sejak Mei 2024. Adapun BPS… Read More

43 mins ago

IHSG Sesi I Lanjut Melemah 0,58 Persen ke Level 7.500

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (4/10) kembali… Read More

1 hour ago

Emiten Ritel Mitra10 (CSAP) Umumkan Kerja Sama dengan Paper.id, Ini Sederet Keuntungannya

Jakarta - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) sebagai emiten yang bergerak di bidang ritel… Read More

2 hours ago

Hingga September 2024, Penyaluran KUR Bank Mandiri Tembus Rp32,20 Triliun

Jakarta - Bank Mandiri mencatat hingga akhir September 2024 realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)… Read More

3 hours ago

Kemenkeu Gali Potensi Keuangan Publik Islam untuk Perekonomian RI

Jakarta – Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu menyatakan pemerintah akan memanfaatkan potensi keuangan publik Islam… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Tekankan Pentingnya Inovasi Pembiayaan bagi UMKM

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) berkomitmen mendukung pertumbuhan usaha tak hanya di kelas… Read More

4 hours ago