BEI Enggan Menyebut Nama BUMN Yang Buyback Saham

BEI Enggan Menyebut Nama BUMN Yang Buyback Saham

Surat Utang Korporasi Sudah Tercatat Mencapai Rp47,07 Trilun
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

BEI beralasan demi menjaga kerahasiaan emiten. Dwitya Putra

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengakui bahwa emiten di bawah bendera Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah ada yang melakukan pembelian kembali (buyback) saham. Namun sayang, pihak BEI belum mau mengungkapkan emiten BUMN mana yang sudah melakukan buyback saham tersebut.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio mengatakan, dirinya enggan menyebutkannya dengan alasan untuk menjaga kerahasiaan.

“BUMN sudah mulai juga. Kita tidak boleh membuka data mereka,”kata Tito di gedung BEI, Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2015.

Kendati demikian lanjutnya, dana buyback saham yang dilakukan emiten BUMN tersebut bukanlah menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), tetapi menggunakan dana kas perusahaan yang tidak dipakai untuk kebutuhan bisnisnya.

“Bukan dari APBN, dan saya yakin juga tidak mengorbankan dana capex (belanja modal). Tapi ini mungkin pakai dana dividen yang belum dibayar atau dana lain yang berlebih,” ujar Tito.

Sekedar informasi, sebelumnnya Menteri BUMN, Rini Soemarno pernah menyatakan ada 13 emiten BUMN yang akan melakukan buyback saham dengan nilai mencapai Rp10 triliun. Namun, nama-nama BUMN tersebut tidak disebutkan Rini. (*)

@dwitya_putra14

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]