Pasar Modal

BEI Catat 25 Perusahaan Antre IPO, Sektor Ini Mendominasi

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat bahwa hingga 19 Januari 2024, terdapat 25 perusahaan antre di pipeline untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Direktur Penilaian BEI, I Gede Nyoman Yetna menjelaskan, bahwa per 19 Januari 2024 BEI telah berhasil mencatatkan delapan perusahaan dengan perolehan dana yang diraih Rp1,36 triliun.

“Sampai dengan 19 Januari 2024 telah tercatat 8 Perusahaan yang mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan dana dihimpun Rp1,36 triliun,” ucap Nyoman dalam keterangannya dikutip, 20 Januari 2024.

Baca juga: OJK Terbitkan 2 Aturan Baru Pasar Modal, Berikut Detailnya

Berdasarkan 25 perusahaan yang telah tercatat di pipeline, terlihat sektor konsumer siklikal yang mendominasi pipeline IPO tersebut sebanyak 24 persen atau enam perusahaan.

Lalu, diikuti oleh sektor teknologi dan sektor industrial yang masing-masing tercatat sebanyak 20 persen atau terdapat lima perusahaan.

Tidak hanya itu, perusahaan-perusahaan di pipeline tersebut juga tersebar di beberapa sektor lainnya, seperti sektor konsumer non-siklikal yang terdapat tiga perusahaan dan sektor bahan baku dua perusahaan.

Kemudian sisanya, sektor energi, infrastruktur, properti, dan transportasi terdapat masing-masing satu perusahaan.

Dari sisi besaran aset, pada pipeline IPO tersebut terdiri dari 17 perusahaan dengan aset skala menengah, enam perusahaan dengan aset skala besar, dan dua sisanya dari perusahaan dengan aset kecil.

Baca juga: BEI Targetkan Investor Pasar Modal Syariah Tembus 1 Juta di 2024, Begini Jurusnya

Pada periode yang sama, untuk pipeline obligasi telah diterbitkan tujuh emisi dari enam penerbit efek bersifat utang dan/atau sukuk (EBUS) dengan dana yang dihimpun sebesar Rp6,1 triliun.

Adapun, untuk pipeline aksi korporasi atau right issue per 19 Januari 2024 belum terdapat perusahaan tercatat yang melakukan penerbitan right issue. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

10 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

13 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

13 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

13 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

14 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

1 day ago