Keuangan

Begini Strategi Adira Finance Genjot Pembiayaan Syariah

Jakarta – PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) berhasil mencatatkan pembiayaan baru di segmen syariah sebesar Rp5,4 triliun hingga Agustus 2024, yang mewakili 21 persen dari total pembiayaan baru perusahaan.

Selain memperkuat portofolio syariah, Adira Finance juga menunjukkan komitmennya terhadap transisi energi bersih dengan menyediakan pembiayaan untuk kendaraan listrik (EV). Hingga Agustus 2024, pembiayaan kendaraan listrik Adira Finance mencapai Rp270 miliar.

“Nilai tersebut mencakup sepeda motor dan mobil listrik melalui kerja sama dengan berbagai merek dan dealer,” jelas Denny Riza, Direktur Adira Finance dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (2/10).

Baca juga: OJK Catat Piutang Pembiayaan Multifinance Capai Rp499,29 Triliun di Agustus 2024

Salah satu inisiatif utama perusahaan dalam mendorong penggunaan energi bersih adalah melalui pendirian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area Masjid Istiqlal, Jakarta, bekerja sama dengan Istiqlal Global Fund (IGF) dan PT High Volt Technology (HVT).

Denny mengatakan, pemasangan SPKLU ini tidak hanya mendukung adopsi energi terbarukan, tetapi juga memberikan fasilitas ramah lingkungan bagi para pengguna kendaraan listrik yang beribadah di masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut.

“Langkah ini tidak hanya meningkatkan fasilitas masjid, tapi juga mendukung penggunaan energi yang ramah lingkungan untuk kendaraan, dan juga sejalan dengan visi perusahaan menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan,” imbuhnya.

Tidak hanya berfokus pada pembiayaan syariah dan energi terbarukan, Adira Finance melalui Unit Usaha Syariah juga menjalankan program pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas.

Baca juga: Strategi Adira Finance Genjot Pembiayaan Baru

Salah satunya adalah Festival Pasar Rakyat (FPR) yang digelar di lima pasar tradisional di Indonesia, bekerja sama dengan Danamon Syariah dan Zurich Syariah. Setelah sukses di Pasar Rangkasbitung, FPR akan dilanjutkan di Pasar Pahing Kediri pada 5-6 Oktober 2024.

Festival Pasar Rakyat ini merupakan bagian dari upaya Adira Finance untuk mengedukasi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan pelaku pasar tradisional, dengan membawa konsep Pasar Rakyat yang Halal dan SEJAHTERA (Sehat-Hijau-Bersih-Terawat). (*) Alfi Salima Puteri

Galih Pratama

Recent Posts

BI Ungkap 3 Tantangan Besar Hantui Stabilitas Sistem Keuangan

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengungkapkan sejumlah tantangan yang akan dihadapi dalam menjaga stabilitas sistem keuangan (SSK),… Read More

16 mins ago

Melonjak Tajam, Harga Emas Antam per Gram Tembus Segini!

Jakarta - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam pada hari… Read More

1 hour ago

Digelar Lima Hari, INACRAFT 2024 Bidik Transaksi hingga Rp100 Miliar

Jakarta – Pameran kerajinan terbesar di Tanah Air, The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT)… Read More

1 hour ago

Orang RI Makin Doyan Ngutang di Pinjol, Jumlah Pinjaman Tembus Rp72,03 Triliun per Agustus 2024

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan terjadi peningkatan nilai pengajuan kredit melalui industri fintech… Read More

1 hour ago

OJK Dorong Industri Asuransi Terapkan PSAK 117 pada 2025

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan komitmennya untuk mendukung implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan… Read More

2 hours ago

Aksi Balas Dendam, Iran Luncurkan Ratusan Rudal ke Israel

Jakarta – Iran meluncurkan raturan rudal hipersonik Fattah 1 ke wilayah Israel, pada Selasa (1/10),… Read More

2 hours ago