Begini Langkah BTPN Lindungi Nasabah Dari Kejahatan Siber

Begini Langkah BTPN Lindungi Nasabah Dari Kejahatan Siber

Begini Langkah BTPN Lindungi Nasabah Dari Kejahatan Siber
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank BTPN Tbk terus berupaya untuk melindungi nasabah dalam bertransaksi dengan menambah keamanan perbankan digital. Irwan Tisnabudi, selaku Digital Banking Head Bank BTPN mengungkapkan pihaknya sudah melakukan 3 langkah untuk meningkatkan keamanan digital.

Menurutnya, langkah pertama adalah edukasi yang menyeluruh bagi nasabah. Perseroan akan melakukan kerja sama dengan sesama pelaku industri dan regulator untuk mencapai tujuan tersebut.

“Jenius juga akan terus memberikan edukasi yang berkelanjutan kepada nasabah tentang pentingnya menjaga kerahasiaan data dalam tiap kesempatan. Pengguna dapat mengakses informasi keamanan lainnya seputar perbankan di https://www.jenius.com/pages/jeniusaman,” ujar Irwan pada paparan virtualnya, 9 Agustus 2021.

Kemudian, langkah kedua adalah dengan menonaktifkan akses Jenius melalui situs untuk meminimalisir risiko terjadinya upaya rekayasa sosial, atau social engineering, oleh pelaku tindak kejahatan siber. Dalam rekayasa sosial, pelaku sebuah tindak kejahatan memanipulasi korban agar korban melakukan tindakan tertentu yang menguntungkan pelaku, melalui media seperti panggilan telepon, SMS, surel ataupun media sosial.

Bank BTPN juga telah menerapkan kebijakan satu perangkat sebagai langkah ketiga. Kebijakan satu perangkat ini membuat pemilik akun Jenius hanya bisa mengakses dan bertransaksi menggunakan Jenius lewat satu perangkat saja yang telah terverifikasi. Nasabah yang ingin mengalihkan akun Jenius miliknya ke perangkat lain hanya dapat melakukannya melalui Jenius Help 1500 365 atau Kantor Cabang Sinaya Bank BTPN.

Ketiga cara ini diharapkan akan mampu meminimalisir kejahatan siber yang kerap kali terjadi karena kelalaian nasabah. Sehingga, industri jasa keuangan akan lebih aman dari para oknum kejahatan siber. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]