Perbankan

Begini Cara OCBC NISP Cegah Serangan Ramsomware

Jakarta – Serangan ramsomware yang melumpuhkan layanan ATM dan mobile banking milik Bank Syariah Indonesia (BSI) baru-baru ini, menjadi alarm bagi perbankan lain untuk memperkuat sistem keamanan dalam melindungi data nasabah.

Apalagi industri perbankan kerap menjadi sasaran empuk serangan siber yang dilancarkan oknum tertentu dalam mencari keuntungan sepihak. 

Seolah tidak mau kecolongan akan terjadinya serangan siber, pihak perbankan memperketat keamanan seluruh sistem keamanan yang digunakan. Salah satunya, Bank OCBC NISP.

Head of Operations & Information Technology Bank OCBC NISP Filipus H. Suwarno mengatakan, pihaknya senantiasa melakukan perbaikan kontrol keamanan informasi yang berpedoman pada ISO 27001 (Information Security Management System (ISMS).

“Terutama untuk perlindungan data nasabah, kami secara konsisten menerapkan prinsip kerahasiaan dan kehati-hatian dalam pengelolaannya,” katanya, saat dikonfirmasi Infobanknews, Senin (15/5/2023).

Baca juga: Ramsomware Lockbit Curi 1,5 TB Data Nasabah BSI, Ini Kata Pengamat

Selain itu, kata dia, Bank OCBS NISP juga bekerja sama dengan pelbagai institusi terkait, termasuk regulator untuk memastikan semua prosedur dan sistem pemantauan diterapkan dengan optimal.

“Penggunaan teknologi dan sumber daya yang memadai untuk implementasinya,” jelasnya.

Tidak kalah pentingnya, pihaknya secara berkelanjutan mengimbau nasabah untuk menjaga informasi pribadi yang khususnya tersimpan di dalam perangkat elektronik.

Nasabah juga diharapkan dapat memahami risiko kejahatan siber yang dapat mengintai dan waspada jika terdapat aktivitas yang mencurigakan pada layanan perbankan digital nasabah.(*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Kisi-kisi OJK akan Kondisi Perbankan Pasca Pemangkasan BI Rate

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa penurunan suku bunga acuan atau BI Rate akan memengaruhi… Read More

6 hours ago

Jokowi Terima 10 Nama Calon Pimpinan dan Dewas KPK, Pansel: Berasal dari Aspirasi Publik

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menerima nama-nama calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan… Read More

7 hours ago

Soal Kasus Dugaan Gratifikasi IPO, OJK Tegaskan Pegawainya Tak Terlibat

Jakarta - Kasus dugaan gratifikasi lima karyawan Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam melakukan penawaran umum… Read More

8 hours ago

Allianz Life Gandeng Bank HSBC Luncurkan Produk Asuransi Baru, Simak Manfaatnya

Jakarta - PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank… Read More

8 hours ago

Ini yang Dilakukan OJK-Kominfo dalam Persempit Ruang Gerak Judi Online

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan tengah berupaya… Read More

10 hours ago

OJK Ungkap Alasan Pertumbuhan DPK Lebih Rendah Dibanding Kredit

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengungkapkan penyebab pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK)… Read More

12 hours ago